Ibadah Puasa Yang Baik




Sabtu, 6 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 7-10

Zakharia 7:9 (TB)  "Beginilah firman TUHAN semesta alam: Laksanakanlah hukum yang benar dan tunjukkanlah kesetiaan dan kasih sayang kepada masing-masing!

Penduduk Betel melunakkan hati Tuhan dengan berpuasa sambil menangis dan berpantang di bulan kelima. Hal ini telah dilakukan selama 7 tahun.
Maka Tuhan bertanya apakah mereka berpuasa untuk Tuhan? Bukankah mereka berpuasa untuk diri mereka sendiri? Ya ... puasa yang mereka lakukan sekedar ritual tetapi tidak disertai dengan pertobatan dan kasih.

Apakah puasa yang dikehendaki Tuhan?
Zakharia 7:9-10 adalah panduan puasa yang berkenan kepada Tuhan.

1. Melaksanakan hukum
Hukum yang dimaksudkan di sini adalah ketetapan Tuhan (firman Tuhan). Lakukan setiap firman Tuhan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menunjukkan kesetiaan
Menunjukkan bukan berarti pamer tetapi sungguh-sungguh melakukan dengan konsisten. Lakukanlah kesetiaan kepada Tuhan, keluarga, pekerjaan, pelayanan dan pemimpin.

3. Menunjukkan kasih sayang
Lakukanlah perbuatan kasih kepada keluarga dan sesama. Bahkan di ayat 10 diperingatkan agar jangan menindas dan merancangkan kejahatan.
Zakharia 7:10 (TB)  Janganlah menindas janda dan anak yatim, orang asing dan orang miskin, dan janganlah merancang kejahatan dalam hatimu terhadap masing-masing."

Puasa yang baik dan berkenan kepada Tuhan adalah puasa yang disertai dengan melakukan firman Tuhan, menunjukkan kesetiaan dan kasih sayang. Ketika kita berpuasa janganlah hanya menjadi kebiasaan atau ritual belaka, sebaliknya disertai dengan tindakan agar puasa kita berkenan kepada Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages