Menanti Surya Kebenaran



Selasa, 9 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Maleakhi 3-4

Maleakhi 4:2a (TB)  Tetapi kamu yang takut akan nama-Ku, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya.

Spesies burung rajawali bisa memiliki umur yang panjang, namun di tengah-tengah umurnya ia harus mengalami rontok bulu. Karena semua bulunya rontok, ia mengalami kedinginan, bahkan sayapnya terluka sehingga tidak bisa terbang dan hanya berdiam di sarangnya yang tinggi.
Setiap pagi ia menantikan terbitnya matahari dan berjemur berbulan-bulan lamanya. Sinar matahari menghangatkan tubuhnya yang dingin tanpa bulu. Sinar matahari mengandung vitamin E yang sangat berperan untuk pertumbuhan bulu-bulunya. Perlahan-lahan bulunya mulai tumbuh dan ia mengalami kesembuhan baik seluruh tubuh maupun sayapnya. Ia kembali bisa terbang seperti seekor rajawali yang muda yang penuh dengan kekuatan sayapnya.

Apa yang bisa kita pelajari dari ayat tersebut dan kisah rajawali tersebut di atas?

1. Rajawali menggambarkan kehidupan kita.
Ada kalanya kita sedang mengalami "rontok bulu". Masalah dan pergumulan dalam hidup mendera kehidupan kita sehingga kita tidak bisa "terbang". Tidak ada kehangatan dalam hubungan keluarga dan persahabatan. "Dingin" juga berarti kesepian dan memikul beban hidup sendiri. Ingin melakukan segala sesuatu, tetapi apa daya tidak ada kuasa atau kemampuan.

2. Surya Kebenaran menggambarkan Tuhan.
Tuhan yang memberi kekuatan dan kehangatan. Dia selalu siap memulihkan anak-anak-Nya yang berseru kepada-Nya. Tuhan selalu hadir setiap pagi untuk menyapa kita dan memberi kekuatan yang baru. Kasih setia-Nya selalu baru tiap-tiap pagi. Hanya Tuhan yang mampu menyembuhkan kehidupan kita. Masalah keuangan, keluarga, hati yang luka ... semua bisa disembuhkan oleh Tuhan. Ketika kebenaran Tuhan terbit, kita akan mendapatkan kekuatan dan pewahyuan dari setiap firman Tuhan dan persekutuan dengan-Nya.

3. Menanti-nantikan Surya Kebenaran menggambarkan saat teduh.
Berhentilah mengandalkan kekuatan diri sendiri. Datanglah di hadirat-Nya setiap pagi, mintalah kekuatan dan kesembuhan atas hidupmu. Tetaplah takut akan Tuhan, jangan mengikuti jalan hidup dunia dalam mendapatkan pemulihan.
Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Mazmur 103:5 (TB)  Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.

Tuhan selalu ingin membaharui kehidupan kita. Setiap pagi laksana matahari, Ia tidak pernah absen, selalu terbit bagi kita. Masalahnya ... apakah kita seringkali absen, dan melalaikan persekutuan bersama Tuhan. Biarlah renungan hari ini kembali menyadarkan betapa pentingnya kita mendapatkan kekuatan Tuhan setiap pagi agar sepanjang hari ini bisa melalui kehidupan bersama Tuhan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages