Kuasa Menjadi Anak-anak Allah




Kamis, 1 November 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 1-3

Yohanes 1:12 (TB)  Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;

Kata kuasa dalam bahasa Yunani menggunakan kata exousia yang juga berarti otoritas, yaitu kedudukan, kewenangan dan hak untuk bertindak atau mendapatkan sesuatu. Sebuah contoh yang sederhana adalah kuasa seorang anak dalam keluarga. Ia memiliki kedudukan sebagai ahli waris, kewenangan serta hak untuk menikmati dan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh orang tuanya.

Bagaimana bisa menerima kuasa untuk menjadi anak-anak Allah?

1. Menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.
Menjadikan Tuhan Yesus berdaulat atas segala bidang kehidupan dan memiliki kepastian keselamatan. Anak-anak Allah adalah istilah yang digunakan dalam arti orang percaya yang terhisap dalam komunitas Allah dan rencana-Nya.
Anak-anak Allah adalah ahli waris yang berhak menerima janji-janji Allah serta berhak menikmati persekutuan bersama-Nya.

Roma 8:17 (TB)  Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

2. Percaya dalam Nama-Nya.
Tuhan Yesus memberikan otoritas kepada kita melalui nama-Nya. Itulah sebabya ketika berdoa diakhiri dengan dalam nama Tuhan Yesus. Demikian juga mengusir setan dalam nama Tuhan Yesus, sebab nama Yesus adalah nama yang berkuasa.
Walaupun secara agama Kristen, tetapi bila tidak percaya kuasa nama Yesus maka tidak akan mengalami kuasa Tuhan dalam dirinya. Oleh sebab itu perlu mengenal, percaya dan bertindak dalam nama Yesus baik dalam doa maupun aktifitas sehari-hari.

Filipi 2:9-11 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Berbahagialah Anda yang telah menerima Yesus dan percaya dalam nama-Nya. Anda menjadi ahli waris yang berhak menerima janji-janji Allah dan mengalami kuasa nama Yesus dalam doa maupun kehidupan sehari-hari. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages