Pribadi Yang Seimbang



Rabu, 24 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Lukas 1-3

Lukas 2:52 (TB)  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Pertumbuhan Yesus menjadi teladan bagi pertumbuhan pribadi orang percaya.

1. Seimbang dalam pertumbuhan fisik dan mental.
Pertumbuhan fisik adalah pertumbuhan badan, ada tolok ukur perbandingan usia dengan berat dan tinggi badan serta fungsi-fungsi organ manusia. Tetapi pertumbuhan mental (akal budi) harus seimbang dengan fisik. Contoh yang tidak seimbang antara lain fisik dan umur sudah besar namun tingkah laku dan cara berpikirnya masih seperti anak kecil. Pertumbuhan fisik dan mental bisa dilatih. Pertumbuhan fisik dengan makanan dan aktifitas fisik. Sedangkan mental dan akal budi melalui pendidikan baik formal maupun non formal serta etika budaya.

2. Seimbang dalam pertumbuhan jasmani dan rohani.
Jasmani adalah segala sesuatu dengan materi sedangkan rohani adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan Tuhan.
Pertumbuhan jasmani meliputi kemakmuran dalam harta dan pekerjaan sedangkan rohani dalam hal iman dan ibadah kepada Tuhan. Menjadi orang percaya seharusnya seimbang dalam urusan keluarga dan pekerjaan dengan ibadah dan pelayanan. Keseimbangan ini sangat menentukan kebahagiaan seseorang lahir dan batin. Contoh yang tidak seimbang antara lain makmur dalam harta namun tidak takut akan Tuhan. Rajin bekerja tetapi tidak ada waktu untuk keluarga atau rajin beribadah tetapi rumah tangganya tidak bahagia.

3. Seimbang dikasihi Tuhan dan manusia.
Naluri dasar manusia adalah membutuhkan eksepresi untuk mengasihi dan dikasihi. Oleh sebab itu Tuhan memberikan hukum kasih yaitu mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Keduanya harus seimbang agar tercapai kebahagiaan hidup. Hidup takut akan Tuhan, setia dan taat beribadah serta melayani adalah langkah mengalami kasih Tuhan. Sedangkan rajin berbuat kebaikan, membangun karakter yang baik serta menolong sesama adalah langkah untuk menerima kasih dari sesama.

Sebuah pohon yang seimbang adalah bertumbuh ke bawah (berakar) dan ke atas (bertumbuh dan berbuah). Milikilah pertumbuhan yang seimbang seperti 3 hal tersebut di atas agar Anda bisa mengalami kebahagiaan karena hidup dalam keseimbangan. Selamat beraktifitas dan Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages