Harga Sebuah Pengorbanan




Minggu, 7 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Zakharia 11-14

Zakharia 11:12 (TB)  Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak.

Kitab Zakharia pasal 11 menulis perikop tentang dua macam gembala. Gembala yang jahat mengorbankan domba-dombanya untuk kenikmatan dirinya. Sedangkan gembala yang baik mengorbankan dirinya untuk keselamatan domba-dombanya. Di sini kita teringat apa yang ditulis oleh Yohanes.
Yohanes 10:11 (TB)  Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.

Zakharia 11:12, gembala yang baik itu hanya dihargai 30 keping uang perak. Uang perak adalah alat pembayaran dalam kategori murah atau tidak berharga. Di sini kita teringat peristiwa setelah Yudas mengkhianati Yesus, ia menerima upah tiga puluh keping uang perak dari majelis imam-iman kepala dan tua-tua.

Di sini kita dapat belajar beberapa hal:

1. Mencari penghargaan dari manusia adalah sia-sia.
Sebagai seorang bendahara yang gila uang Yudas berharap menerima upah yang besar. Tetapi ia kemudian kecewa hanya menerima tiga puluh keping uang perak. Ia menyesal dan mengembalikan kepada imam-iman kepala dan tua-tua dengan cara melemparkan ke bait Suci.
Jangan mencari penghargaaan dari manusia supaya Anda tidak kecewa. Dalam pekerjaan maupun pelayanan, usahakanlah hidup Anda berkenan kepada Tuhan supaya menerima penghargaan dari Tuhan.

2. Berkenan kepada Tuhan tetapi dilecehkan manusia.
Yesus menerima penghargaan tertinggi dari Allah Bapa karena ketaatan-Nya.
Filipi 2:9 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama.
Banyak orang sampai hari ini masih melecehkan pengorbanan Yesus di kayu salib, tetapi itu bukan patokan harga pengorbanan. Harga sebuah pengorbanan akan bernilai tinggi bila berkenan kepada Tuhan sekalipun tidak dihargai oleh manusia.

Apakah Anda sedang dalam situasi seperti Tuhan Yesus? Sebagai gembala yang baik Ia telah menyerahkan nyawanya tetapi dihujat oleh manusia. Anda telah memberikan yang terbaik bahkan mengorbankan banyak hal dalam hidup Anda tetapi tidak menerima penghargaan dari orang lain. Ingatlah harga pengorbanan bukan ditentukan oleh manusia, tetapi oleh Tuhan. Tetaplah setia sampai Anda menerima mahkota kehidupan. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages