Kantong Anggur Yang Baru



Jumat, 19 Oktober 2018

Bacaan Alkitab Setahun: Markus 1-3

Markus 2:22 (TB)  Demikian juga tidak seorang pun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

Beberapa tahun yang lalu sempat viral "cafe jamban", di mana di cafe tersebut menyajikan makanan yang siap disantap dalam sebuah kloset yang dimodifikasi. Entah bagaimana kabarnya sekarang, mungkin pertama kali orang-orang penasaran. Sesungguhnya kloset diciptakan bukan untuk tempat makanan melainkan tempat membuang kotoran.

Yesus memberikan perumpamaan tentang anggur baru yang disimpan dalan kantong anggur yang lama. Hasilnya akan membuat kantong itu semakin koyak yang kedua-duanya terbuang, baik anggur yang baru maupun kantong yang lama. Sesuatu yang mulia, hendaklah disimpan dalam wadah yang mulia, bukan dalam wadah yang rusak.

Apa maksud kantong anggur yang baru?

1. Hati yang baru siap untuk menerima berkat.
- Hati yang lama ketika menerima berkat akan timbul kesombongan sehingga tidak bisa menjadi berkat.
- Bila berkat belum turun, cobalah check apakah ada hati yang perlu dibaharui?

2. Kantong anggur yang lama tidak cukup ditambal tetapi diganti dengan kantong yang baru.
Efesus 4:31 (TB)  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
Mazmur 51:12 (TB)  Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Jika masih ada hati yang lama dalam kehidupan Anda, segeralah bertobat. Mintalah hati yang baru kepada Tuhan. Hati yang baru bagaikan kantong anggur yang baru yang siap menerima berkat-berkat yang terbaik dari Tuhan. Amin! (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages