Perwujudan Hikmat

 



Senin, 1 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 7-9


2 Tawarikh 9:3-4 (TB)  Ketika ratu negeri Syeba melihat hikmat Salomo dan rumah yang telah didirikannya, 

makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, juru-juru minumannya dan pakaian mereka, dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu. 


Kabar tentang hikmat raja Salomo yang luar biasa sampai ke seluruh dunia. Ratu negeri Syeba (sekarang Etiopia) datang kepada Salomo untuk menyaksikan hikmat raja Salomo. Selain mendengar secara langsung hikmat dari tutur kata raja Salomo dan Bait Allah yang didirikan, ratu Syeba dibuat tercengang dengan cara raja Salomo mengatur seisi istananya.


Perwujudan hikmat raja Salomo antara lain: cara menyajikan makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, juru-juru minumannya dan pakaian mereka, dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN.


Pelajaran dari ayat tersebut: 

Hikmat seseorang dapat dilihat bukan hanya dari tutur katanya tetapi dari cara mengatur kehidupannya, cara berpakaian, cara mengatur waktunya, keluarganya, pekerjaannya, pegawai-pegawainya, isi rumahnya dan cara ibadahnya. Orang yang hanya bisa "omong doang" tetapi tidak bisa melakukan bukanlah orang yang berhikmat.


Jadi hikmat seseorang bukan hanya dilihat dari perkataannya tetapi dari perbuatannya. Marilah kita mewujudkan hikmat yang Tuhan berikan melalui kehidupan sehari-hari. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages