Trouble Maker

 



Minggu, 2 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 13-15


2 Samuel 15:10 (TB)  Dalam pada itu Absalom telah mengirim utusan-utusan rahasia kepada segenap suku Israel dengan pesan: "Segera sesudah kamu mendengar bunyi sangkakala, berserulah: Absalom sudah menjadi raja di Hebron!"


Absalom dan Amnon adalah saudara tiri, keduanya adalah anak Daud. Amnon memperkosa Tamar adik dari Absalom. Absalom menaruh dendam kepada Amnon sehingga dua tahun kemudian ia membunuhnya. Setelah membunuh Amnon maka Absalom melarikan diri ke Gesur. Atas usaha Yoab panglima Daud akhirnya Absalom bisa pulang ke rumahnya di Yerusalem tetapi tidak diijinkan menghadap raja. Atas usaha Yoab pula akhirnya raja menerima kembali Absalom di istana. Raja mencium Absalom dan memaafkan segala kesalahannya.


Semua penerimaan dan usaha orang-orang yang mengasihi Absalom tidak dibalas dengan kebaikan. Absalom membakar ladang Yoab. Bahkan Absalom menghasut rakyat untuk berpihak kepadanya dan akhirnya memberontak kepada raja Daud. Absalom melakukan kudeta sehingga Daud dan pengikutnya melarikan diri dari Yerusalem. Absalom tidak bersyukur dengan keadaannya. Padahal Absalom sebagai anak raja secara fisik dikaruniai banyak kelebihan.


2 Samuel 14:25 (TB)  Di seluruh Israel tidak ada yang begitu banyak dipuji kecantikannya seperti Absalom. Dari telapak kakinya sampai ujung kepalanya tidak ada cacat padanya.


Dari kisah Absalom tersebut kita belajar bahwa orang yang tidak memiliki karakter yang baik akan menjadi "trouble maker" (pembuat masalah). Ia tidak tahu berterima kasih tetapi justru membalas kebaikan orang lain dengan kejahatan.


Dunia melihat kesuksesan, harta dan jabatan tetapi Tuhan melihat karakter. Oleh sebab itu kita harus hidup dalam karakter ilahi supaya tidak menjadi pembuat masalah bagi orang lain. Semoga renungan singkat ini menjadi berkat. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages