Memelihara Taurat Tuhan

 



Kamis, 27 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 22-25


1 Tawarikh 22:12 (TB)  Hanya, TUHAN kiranya memberikan kepadamu akal budi dan pengertian dan membuat engkau menjadi pemegang perintah atas Israel, supaya engkau memelihara Taurat TUHAN, Allahmu. 


Daud berdoa untuk Salomo anaknya agar Tuhan memberikan akal budi dan pengertian dan membuatnya menjadi pemegang perintah atas Israel. Tujuannya supaya Salomo memelihara Taurat Tuhan.


1. Kepandaian yang kita miliki bukan untuk menjadi tidak percaya kepada firman Tuhan.


Tuhan memberikan kepada manusia dengan kecerdasan dan kepandaian. Manusia bisa mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun sayang sekali dengan kepandaiannya sebagian orang jadi meninggalkan Tuhan. Mereka berpendapat bahwa Tuhan itu tidak nyata, tidak dapat dilihat. Mereka menilai Tuhan dengan akal pikiran yang terbatas sehingga menjadi tidak percaya kepada Tuhan.


Ingatlah kepandaian yang Tuhan berikan adalah untuk mengenal Tuhan bukan untuk menolak Dia. Giatlah dalam mempelajari firman Tuhan sebab begitu banyak rahasia yang terkandung dalam firman Tuhan. Dengan hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan maka kita bisa mengenal Dia dengan benar.


2. Kepandaian yang kita miliki adalah untuk memelihara firman Tuhan.


Memelihara sering dikaitkan dengan aktifitas memelihara tanaman atau binatang. Dalam memelihara ada aktifitas menjaga, memberi makanan atau nutrisi, menyiram atau memberi sinar matahari yang cukup.


Dengan kepandaian yang Tuhan berikan kita bisa membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari. Memelihara firman Tuhan juga berarti menyimpan firman Tuhan di dalam hati, percaya serta melakukannya.


Mazmur 119:11 (TB)  Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. 


Lukas 8:15 (TB)  Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan."


Pelajaran dari firman Tuhan hari ini, jangan menggunakan kepandaian untuk menolak pengenalan akan Dia, sebaliknya seperti seorang murid marilah kita belajar mengenal Tuhan melalui firman-Nya dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages