Kemenangan Dari Tuhan

 



Minggu, 23 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 10-12


1 Tawarikh 11:14 (TB)  maka berdirilah mereka di tengah-tengah ladang itu; mereka dapat mempertahankannya dan memukul kalah orang Filistin. Demikianlah diberikan TUHAN kemenangan yang besar. 


Alkitab selalu memberi keterangan bahwa setiap kemenangan yang dicapai oleh Daud, para pengikutnya, juga para tokoh di Alkitab berasal dari Tuhan. Memang benar ada usaha yang mereka lakukan, tetapi kemenangan sesungguhnya adalah pemberian Tuhan.


Apa yang kita bisa renungkan melalui ayat tersebut?


1. Jangan mengandalkan kekuatan sendiri.


Kita memang diberikan kekuatan, kepandaian dan berbagai kelebihan lainnya tetapi semuanya tidak boleh kita andalkan dalam meraih kesuksesan. Sebaliknya dalam segala sesuatu senantiasa memohon penyertaan Tuhan sebab seringkali kita menghadapi "musuh yang tidak terlihat" dan hal-hal yang "tidak terprediksi".


Yeremia 17:5, 7 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! 

Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN! 


2. Jangan putus asa


Dalam kelemahan yang kita miliki, jangan putus asa ketika kita merasa tidak sanggup menghadapi masalah dan pergumulan. Masih ada kuasa Tuhan yang tidak terbatas. Marilah kita serahkan segala beban hidup dan tantangan yang kita hadapi. Percayalah Tuhan menyertai kita dan memberikan kemenangan.


Amsal 16:3 (TB)  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. 


1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 


3. Jangan menjadi sombong


Dalam segala berkat dan kesuksesan yang kita raih jangan menjadi sombong sebab tanpa kekuatan dari Tuhan kita tidak dapat berbuat apa-apa.


Ulangan 8:17-18 (TB)  Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini.

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.


Yohanes 15:5 (TB)  Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.


Marilah kita menjadi pribadi yang selalu melekat dan mengandalkan Tuhan sebab daripada-Nya segala kesuksesan yang kita raih. Tetaplah mengucap syukur dalam segala sesuatu sebab penyertaan-Nya ajaib. Selamat hari Minggu, selamat beribadah, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages