Tindakan Profetik

 



Kamis, 13 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 1-3


2 Raja-raja 2:21 (TB)  Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi." 


Kualitas air sangat mempengaruhi kualitas kehidupan. Ķota Yerikho letaknya baik, di tanah datar, bukan di lembah atau gunung tetapi kualitas airnya buruk. Hal ini menyebabkan penduduknya menjadi tidak subur, sering terjadi kematian dan keguguran bayi.


2 Raja-raja 2:19 (TB)  Berkatalah penduduk kota itu kepada Elisa: "Cobalah lihat! Letaknya kota ini baik, seperti tuanku lihat, tetapi airnya tidak baik dan di negeri ini sering ada keguguran bayi."


Garam memiliki kualitas untuk memurnikan air sehingga PH (derajad keasaman/kebasaan) air menjadi netral yang baik untuk dikonsumsi. Bahkan sangat ini digunakan garam yang ramah lingkungan sebagai pengganti kaporit untuk menjernihkan air. Tetapi seberapa besar Elisa menaburkan garam di seluruh kota Yerikho? Yang dimaksud dalam kisah tersebut adalah tindakan profetik atau tindakan iman. Yaitu melakukan sebagian kecil dengan iman sebagai perwakilan terhadap semua tindakan besar. Tindakan profetik adalah sebuah tindakan nubuatan yang dilakukan berdasarkan iman untuk menyatakan suatu iman akan digenapinya sebuah nubuatan Tuhan atas pribadi tertentu, tempat tertentu, lembaga tertentu dan sebagainya.


Dalam Alkitab banyak tindakan profetik yang dilakukan oleh para nabi dan tokoh Alkitab. Contohnya: Musa mengulurkan tongkat sehingga Laut Teberau terbelah dan ia mengangkat tongkat sehingga Israel mengalami kemenangan atas Amalek. Bangsa Israel dipimpin oleh Yosua mengitari tembok Yerikho sekali selama 6 hari dan 7 kali di hari ketujuh sehingga menjadi runtuh. Yerikho takluk tanpa peperangan dengan pedang.


Banyak tindakan profetik dapat kita lakukan ketika sedang mengalami masalah, misalnya:

1. Mengoles tubuh dengan minyak ketika mengalami sakit.

2. Menabur berkat di saat mengalami kekurangan.

3. Menabur kebaikan sebagai bentuk penginjilan gaya hidup bagi orang yang belum percaya.

4. Mewakili orang lain atau bangsa dengan mengakui dosanya di hadapan Tuhan.

Dan masih banyak lagi.


Dalam kehidupan sehari-hari kadang kala bukan hanya doa dan usaha yang kita lakukan. Kita membutuhkan tindakan profetik untuk mengalami berkat, pemulihan dan kesembuhan. Mintalah hikmat kepada Tuhan untuk tindakan profetik yang akan Anda lakukan. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages