Lupakan Yang Lalu, Jujurlah Hari Ini

 



Rabu, 12 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 19-22


1 Raja-raja 19:9-10 (TB)  Di sana masuklah ia ke dalam sebuah gua dan bermalam di situ. Maka firman TUHAN datang kepadanya, demikian: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" 

Jawabnya: "Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku."  


Elia mengalami ketakutan karena mendengar ancaman dari suruhan Izebel bahwa Izebel akan membunuhnya. Kemudian ia bersembunyi di dalam gua.

Ketika Tuhan bertanya, "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?" maka Elia tidak jujur kepada Tuhan. Elia tidak mengaku bahwa ia takut dan bersembunyi. Sebaliknya justru ia membanggakan pekerjaannya yang telah lalu.


Ada beberapa orang Kristen yang hari ini pasif baik dalam ibadah maupun pelayanan. Ketika ditanya bagaimana kehidupan rohaninya sekarang, maka ia tidak menjawab dengan jujur. Sebaliknya ia membanggakan masa lalunya, melayani dengan semangat, pernah merintis Pos PI, pernah membangun gereja dan menyelamatkan jiwa-jiwa.


Renungkanlah ... Tuhan bertanya kepada kita hari ini, bukan masa lalu. Tuhan mungkin mendapati kita sedang malas, marah, kecewa, galau, putus asa dan sebagainya. Jawablah pertanyaan Tuhan dengan jujur tentang keadaan kita hari ini. Tidak perlu membanggakan masa lalu sebab yang diperhitungkan Tuhan adalah hari ini.


Galatia 6:9 (TB)  Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.


Serupa dengan penuaian ... kita akan gagal menuai jika menjadi lemah. Tetapi jika tetap setia dan  tidak jemu-jemu, maka kita akan menuai pada waktunya. Abaikan kesuksesan dan pekerjaan di masa lalu, fokuslah hari ini dengan apa yang Tuhan percayakan kepada kita. Jujurlah dengan keadaan kita ketika Tuhan bertanya, "Apakah kerjamu sekarang?" Semoga renungan ini menjadi berkat. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages