Menolak Untuk Menyerah

 



Sabtu, 15 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 7-9


2 Raja-raja 7:3 (TB)  Empat orang yang sakit kusta ada di depan pintu gerbang. Berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Mengapakah kita duduk-duduk di sini sampai mati?


Kelaparan sedang terjadi di wilayah Samaria sebab dikepung oleh tentara Aram sehingga tidak ada bahan makanan yang masuk ke negeri itu. Sebagian besar warganya pasrah menunggu kematian sampai bahan makanan mereka habis. Mereka tidak memiliki keberanian untuk melawan tentara Aram.


Tetapi ada empat orang kusta yang menolak untuk menyerah. Mereka tidak pasrah dengan keadaan dan hanya menunggu waktu kematian, tetapi memiliki iman untuk menyeberang ke perkemahan tentara Aram.


2 Raja-raja 7:4 (TB)  Jika kita berkata: Baiklah kita masuk ke kota, padahal dalam kota ada kelaparan, kita akan mati di sana. Dan jika kita tinggal di sini, kita akan mati juga. Jadi sekarang, marilah kita menyeberang ke perkemahan tentara Aram. Jika mereka membiarkan kita hidup, kita akan hidup, dan jika mereka mematikan kita, kita akan mati."


Sekalipun mereka sakit kusta, dalam keadaan lapar dan dikucilkan warga sehingga tinggal di luar pintu gerbang tetapi iman mereka layak diapresiasi. Akhirnya mereka justru mengalami mujizat, yaitu mendapati perkemahan tentara Aram sudah kosong karena Tuhan yang berperang melawan tentara Aram.


Apa yang dapat kita pelajari dari kisah di atas?

Sekalipun dalam penderitaan, kekurangan, sakit penyakit, dikucilkan dan dikepung oleh berbagai masalah ... jangan menyerah. Milikilah iman yang positif yang percaya kepada kemenangan dan pemeliharaan dari Tuhan.


Matius 9:29 (TB)  Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu."


Jangan menyerah ... jadilah padamu menurut imanmu. Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages