Tidak Menyerah Pada Keadaan

 



Jumat, 21 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 1-6


1 Tawarikh 4:9-10 (TB)  Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."

Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. 


Yabes menyadari kelahirannya tidak seberuntung saudara-saudaranya. Ibunya melahirkan dengan penuh kesakitan sehingga namanya menggambarkan penderitaan. 


1 Tawarikh 4:9 (FAYH)  Yabes lebih disayang daripada saudara-saudaranya. Ibunya menamai dia Yabes karena mengalami sakit bersalin yang hebat waktu melahirkan dia. (Yabes artinya ‘Tekanan batin’—karena ibunya merasa sangat sengsara.)


Setiap orang tua pasti memberi nama yang baik untuk anak-anaknya. Tetapi Yabes justru diberi nama yang buruk oleh ibunya. Nama yang buruk bagaikan kutuk yang melekat pada diri seseorang. Ada kemungkinan Yabes juga dilahirkan dalam keadaan kurang sehat secara fisik dan mental. Ini tercermin dari doanya "sehingga kesakitan tidak menimpa aku". Tetapi Yabes tidak menyerah dengan keadaan yang dialami. Ia berdoa dengan berseru kepada Allah yang sering dikenal dengan doa Yabes.


1 Tawarikh 4:10 (TB)  Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu. 


Doa Yabes sering menjadi inspirasi bagi setiap orang yang hidup dalam penderitaan, sakit penyakit dan kesukaran. Isi doa Yabes adalah:

1. Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah.

2. Kiranya Engkau memperluas daerahku.

3. Kiranya tangan-Mu menyertai aku dan melindungi aku dari malapetaka sehingga kesakitan tidak menimpa aku.


Menarik dalam doa Yabes diakhiri dengan keterangan: "Dan Allah mengabulkan permintaannya itu".

Bila kita sedang mengalami keadaan buruk, jangan pernah menyerah oleh keadaan. Belajarlah dari Yabes dengan berdoa dan berseru kepada Tuhan. Bila Allah mengabulkan doa Yabes, kita percaya Dia juga mengabulkan doa kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages