Awal Mula Perpecahan

 




Selasa, 2 Mei 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 10-12


2 Tawarikh 10:19 (TB)  Demikianlah mulanya orang Israel memberontak terhadap keluarga Daud sampai hari ini. 


Nama Daud dan Salomo sangat harum dan dihormati oleh bangsa Israel sampai saat ini. Tetapi ada momen di mana orang Israel mulai memberontak terhadap keluarga Daud dan menyebabkan kerajaannya pecah. Momen itu adalah ketika anak Salomo yaitu Rehabeam ketika menjadi raja mengabaikan dan tidak mengikuti nasehat para tua-tua mendampingi Salomo selama hidup. Sebaliknya Rehabeam justru mengikuti nasehat orang-orang muda yang tidak berpengalaman.


2 Tawarikh 10:13-14 (TB)  Raja Rehabeam menjawab mereka dengan keras; ia telah mengabaikan nasihat para tua-tua; 

ia mengatakan kepada mereka menurut nasihat orang-orang muda: "Ayahku telah memberatkan tanggungan kamu, tetapi aku akan menambahnya; ayahku telah menghajar kamu dengan cambuk, tetapi aku akan menghajar kamu dengan cambuk yang berduri besi."


Sejak saat itu orang-orang Israel tidak lagi respek dengan keluarga Daud. Akibatnya terjadi perpecahan dalam kerajaannya yaitu Kerajaan Yehuda dan Kerajaan Israel (Yerusalem).


Dalam hubungan antar manusia baik dalam keluarga, pekerjaan, pelayanan maupun kemasyarakatan, perpecahan bisa saja terjadi. Dimulai dengan adanya kelompok yang tidak puas dengan keputusan yang tidak mampu mengakomodasi (mengayomi) semuanya. Biasanya ini terjadi akibat adanya ego atau kepentingan pribadi/kelompok yang lebih menonjol dibandingkan dengan kepentingan bersama.


Untuk menghindari perpecahan alangkah bijaksana bila kita mendengarkan semua nasehat dengan baik, mengambil keputusan yang bijak untuk melindungi dan mengayomi semua kelompok. Dengan demikian semua merasa dihargai dan perpecahan tidak perlu terjadi. Semoga pelajaran ini berguna dalam kita menjalankan kepemimpinan baik dalam keluarga, pekerjaan, pelayanan maupun kemasyarakatan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages