Peti Persembahan

 



Minggu, 16 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 10-12


2 Raja-raja 12:10 (TB)  Dan apabila dilihat mereka bahwa sudah banyak uang dalam peti itu, maka datanglah panitera raja beserta imam besar, lalu membungkus dan menghitung uang yang terdapat dalam rumah TUHAN itu. 


Sejak zaman peribadatan orang Israel di Bait Allah mereka memberikan persembahan dengan dimasukkan ke dalam peti persembahan. Demikian pula dalam perjanjian baru tradisi ini masih dipelihara. Yesus memuji seorang janda yang memasukkan persembahan ke dalam kotak persembahan.


Markus 12:43-44 (TB)  Maka dipanggil-Nya murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan.

Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya."


Tidak diketahui sejak kapan gereja-gereja mengedarkan kantong kolekte (persembahan) di antara jemaat. Saat ini banyak pula gereja yang kembali mengajak jemaat memasukkan persembahan ke dalam peti persembahan. Bahkan sekarang khususnya di kota-kota besar banyak gereja hanya mencantumkan rekening gereja dan mengajak jemaat memberikan persembahan dengan transfer rekening.


Apapun metode dalam mengumpulkan persembahan dan persepuluhan, kita tidak dapat menghakimi apakah benar atau salah. Yang paling penting hendaklah semua memberi dengan kerelaan hati bukan karena paksaan.


2 Korintus 9:7 (TB)  Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.


Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages