"Ngelunjak" vs Tunduk

 



Senin, 3 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 16-18


2 Samuel 16:3 (TB)  Kemudian bertanyalah raja: "Di manakah anak tuanmu?" Jawab Ziba kepada raja: "Ia ada di Yerusalem, sebab katanya: Pada hari ini kaum Israel akan mengembalikan kepadaku kerajaan ayahku."


Kita akan belajar dua tokoh yang menggambarkan sikap "ngelunjak" dan tunduk.


1. Mefiboset


Mefiboset mengambil sikap "ngelunjak" ketika Absalom melakukan kudeta terhadap Daud. Ketika Daud sedang dalam pelarian, maka dalam hati Mefiboset timbul keinginan menjadi raja "Pada hari ini kaum Israel akan mengembalikan kepadaku kerajaan ayahku."


Ngelunjak berasal dari bahasa Sunda dan sering diucapkan menjadi bahasa gaul. Arti ngelunjak seperti peribahasa "diberi hati tetapi meminta jantung." Mefiboset anak Yonatan satu-satunya yang timpang diperhatikan raja Daud dan makan semeja dengan Daud, tetapi pada akhirnya menjadi tidak setia kepada Daud. Mefiboset tidak tahu berterima kasih atau tidak tahu balas budi.


2 Samuel 9:11 (TB)  Berkatalah Ziba kepada raja: "Hambamu ini akan melakukan tepat seperti yang diperintahkan tuanku raja kepadanya." Dan Mefiboset makan sehidangan dengan Daud sebagai salah seorang anak raja.


2. Ziba


Ziba adalah hamba Yonatan yang diberi tugas oleh Daud untuk melayani Mefiboset sebagai anak raja. Ketika Mefiboset timbul keinginan menjadi raja, maka Ziba pergi meninggalkan Mefiboset dan mendapatkan Daud dengan membawa persembahan.


2 Samuel 16:2 (TB)  Lalu bertanyalah raja kepada Ziba: "Apakah maksudmu dengan semuanya ini?" Jawab Ziba: "Keledai-keledai ini bagi keluarga raja untuk ditunggangi; roti dan buah-buahan ini bagi orang-orangmu untuk dimakan; dan anggur ini untuk diminum di padang gurun oleh orang-orang yang sudah lelah." 


Akibat sikap Ziba yang setia dan tunduk kepada raja Daud maka ia menerima harta yang sebelumnya diberikan kepada Mefiboset. Ziba menyatakan sikapnya yang tunduk kepada perintah raja Daud.


2 Samuel 16:4 (TB)  Lalu berkatalah raja kepada Ziba: "Kalau begitu, kepunyaanmulah segala kepunyaan Mefiboset." Kata Ziba: "Aku tunduk! Biarlah kiranya aku tetap mendapat kasih di matamu, ya tuanku raja."


Pelajaran hari ini: sikap "ngelunjak" mengingini yang lebih dari yang Tuhan sediakan justru akan membawa kehancuran. Sebaliknya sikap tunduk yaitu tetap setia terhadap apa yang Tuhan percayakan justru akan menerima berkat lebih dari yang sebelumnya. 

Mari kita belajar menjauhi sikap "ngelunjak" sebaliknya tetaplah tunduk kepada perintah dan otoritas yang Tuhan tetapkan bagi kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages