Menyimpang Dari Tuhan

 



Minggu, 9 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-raja 10-12


1 Raja-raja 11:9-10 (TB)  Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya, 

dan yang telah memerintahkan kepadanya dalam hal ini supaya jangan mengikuti allah-allah lain, akan tetapi ia tidak berpegang pada yang diperintahkan TUHAN. 


Kata menyimpang memiliki arti tidak sejalan. Salomo menyimpang dari jalan Tuhan karena mengikuti allah-allah lain, padahal tentang hal itu Tuhan sudah berulang kali mengingatkannya. Penyimpangan seringkali dimulai dengan hal-hal kecil, tetapi bila tidak segera diperbaiki akan menjadi semakin besar dan berakibat fatal.


1 Raja-raja 11:1-3 (TB)  Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het,

padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan mereka pun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta.  

Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN. 


Meskipun pada zaman sekarang tidak sebebas melakukan poligami sebagaimana zaman Salomo, tetapi beberapa hal ini patut diwaspadai.


1. Seks bebas


Seks bebas dalam hal ini adalah mengejar kepuasan seksual dengan berganti-ganti pasangan yang bukan istri atau pasangan yang sah menurut perkawinan. Orang yang jatuh dalam seks bebas tidak lagi mempedulikan firman Tuhan, yang dikejar hanyalah kepuasan seksualnya. Dalam hal ini dikenal juga prostitusi atau pelacuran baik didorong oleh faktor ekonomi maupun gaya hidup.


2. Perselingkuhan


Perselingkuhan dalam hal ini adalah menjalin hubungan intim dengan seseorang yang bukan istri atau pasangan yang sah dalam perkawinan. Orang yang berselingkuh telah memadamkan hati nuraninya terhadap peringatan dari Tuhan. Mereka mengkhianati keluarga atau pasangan yang sah dalam pernikahan. Salah satu hal ini dikenal juga istilah kumpul kebo atau tinggal serumah tanpa ikatan perkawinan. Banyak juga terjadi karena perselingkuhan terjadi perceraian dan kehancuran dalam rumah tangga.


3. Pasangan tidak seiman.


Salomo memperistri perempuan-perempuan cantik sekalipun mereka menyembah kepada allah asing. Ini awal mula kejatuhan Salomo. Demikian pula apabila orang Kristen menurunkan standar dalam mencari pasangan. Misalnya berpacaran atau menikah dengan orang yang berbeda iman, maka akhirnya akan meninggalkan Tuhan. Keelokan, kekayaan, daya tarik seksual orang tersebut akan lebih menarik daripada Tuhan.


Firman Tuhan memberi pesan kepada kita ...

2 Korintus 6:14 (TB)  Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?


Marilah kita menjauhi ketiga fenomena di atas yaitu seks bebas, perselingkuhan dan berpasangan dengan orang yang tidak seiman. Ketiga hal tersebut akan berpotensi menjauhkan kita dari Tuhan. Jangan menyimpang dari Tuhan, tetaplah setia mengikut Tuhan dan jangan menuruti keinginan daging. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages