Karya Yang Dikenang

 



Sabtu, 22 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 7-9


1 Tawarikh 9:20 (TB)  Pinehas bin Eleazar mengepalai mereka sebelumnya. TUHAN kiranya menyertai dia. 


Di antara silsilah yang ditulis dalam 1 Tawarikh 9 ada nama Pinehas bin Eleazar yang diberi keterangan Tuhan kiranya menyertai dia. Sedangkan nama-nama yang lain hanya dicatat silsilah maupun tugas-tugas mereka. 


Dalam terjemahan bahasa Inggris yang artinya sangat dekat dengan bahasa aslinya sesungguhnya mempunyai arti "Tuhan telah menyertai dia". Menunjukkan waktu yang telah lampu, bukan merupakan doa atau harapan di waktu yang akan datang.


1 Chronicles 9:20 (NKJV)  And Phinehas the son of Eleazar had been the officer over them in time past; the Lord was with him.


Oleh sebab itu dalam terjemahan FAYH diterjemahkan sesuai dengan terjemahan NKJV (New King James Version).

1 Tawarikh 9:20 (FAYH)  Orang yang menjadi pemimpin pertama tugas itu ialah Pinehas putra Eleazar, dan TUHAN telah menyertai dia.


Nampaknya Pinehas anak dari Eleazar mengerjakan tugas dengan sangat baik sehingga dalam silsilahnya disisipkan keterangan Tuhan telah menyertai dia. Apa saja yang dilakukan Pinehas bin Eleazar?


Selama perjalanan bangsa Israel di padang gurun, Pinehas bin Eleazar mengepalai penjaga-penjaga ambang pintu masuk Kemah Suci. Pinehas dikenal sejak masa mudanya karena keberaniannya dalam menegakkan hukum Allah pada peristiwa Baal-Peor di Abila (Perea) Sitim dengan giat menghapuskan kebejatan moral bangsa Israel akibat godaan bangsa Moab dan Midian untuk menyembah Baal-Peor.


Sejarah mencatat keberanian, ketegasan dan kesungguhan Pinehas dalam menegakkan peribadatan di Bait Allah serta memberantas segala penyembahan berhala sehingga dalam silsilahnya diberi keterangan spesial "Tuhan telah menyertai dia".


Apa yang bisa kita renungkan dari ayat tersebut?

Dalam kehidupan ini kita menerima tugas dan tanggung jawab dari Tuhan baik dalam keluarga, pekerjaan/studi maupun pelayanan. Lakukanlah dengan kesungguhan dan keberanian untuk melawan segala dosa dan pencobaan. Suatu saat karya kita akan dikenang oleh generasi sesudah kita dan semuanya akan dicatat dalam buku kehidupan di sorga. Sebagaimana Tuhan menyertai Pinehas, demikianlah Tuhan menyertai kita dalam melaksanakan panggilan-Nya dalam hidup kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages