Tuhan Mengenal Hati Manusia

 



Minggu, 30 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Tawarikh 4-6


2 Tawarikh 6:30 (TB)  maka Engkau pun kiranya mendengar dari sorga, tempat kediaman-Mu yang tetap, dan kiranya Engkau mengampuni, dan membalas kepada setiap orang sesuai dengan segala perbuatannya, karena Engkau mengenal hatinya — sebab Engkau sajalah yang mengenal hati anak-anak manusia, — 


Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, mereka takut dan bersembunyi dari Allah di antara pepohonan. Mereka berpikir Allah tidak mengetahui bahwa mereka telah melanggar perintah Allah. Ternyata Allah mengetahui keberadaan mereka dan dosa mereka akibat melanggar perintah Allah. Ada peribahasa "dalamnya laut bisa diduga, dalamnya hati siapa yang tahu". Tetapi ada pengecualian, Allah mengenal hati anak-anak manusia.


Salomo dalam doanya ketika Bait Allah selesai dibangun, "Kiranya Engkau mengampuni, dan membalas kepada setiap orang sesuai dengan segala perbuatannya, karena Engkau mengenal hatinya — sebab Engkau sajalah yang mengenal hati anak-anak manusia."


Yeremia 12:3a (TB)  Ya TUHAN, Engkau mengenal aku, Engkau melihat aku, dan Engkau menguji bagaimana hatiku terhadap Engkau. 


Renungan hari ini: Tuhan tahu isi hati kita, sebab itu jangan menyembunyikan dosa atau segala sesuatu di hadapan Tuhan. Jujurlah, jika ada dosa dan kesalahan jangan bersembunyi dari Tuhan. Datanglah kepada-Nya, akuilah segala dosa dan mintalah pengampunan-Nya."


1 Yohanes 1:9 (TB)  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.


Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages