Menanggung Akibat Kesalahan

 



Senin, 17 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-raja 13-15


2 Raja-raja 14:6 (TB)  Tetapi anak-anak para pembunuh itu tidak dihukum mati olehnya, seperti yang tertulis dalam kitab Taurat Musa, di mana TUHAN telah memberi perintah: "Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya, melainkan setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri." 


Hukum Taurat mengatakan, "Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya, melainkan setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri." 


Kasus pembunuhan berencana oleh FS telah diputus di pengadilan, bahwasannya FS dijatuhi hukuman mati. Tetapi sesungguhnya akibat ulah FS banyak orang menanggung akibat kesalahannya.


1. Hukuman bagi yang terlibat pembunuhan berencana.


Orang-orang di lingkaran FS mendapatkan hukuman penjara antara lain isterinya (PC), sopir pribadi (KM), ajudan (RR). Hanya Bharada RE yang dibebaskan dari tuduhan setelah menjadi justice colaboration.


2. Hukuman bagi polisi yang terlibat menghalangi proses penyelidikan.


Banyak perwira tinggi dan perwira menengah polisi yang dijatuhi hukuman dan sidang etik akibat mereka atas perintah FS menghalangi proses penyidikan. Ada yang dipecat, dicopot dari jabatannya dan banyak juga yang dimutasi.


3. Hukuman (sanksi sosial) bagi keluarga.


Akibat ulah FS seluruh anggota keluarga mendapat sanksi sosial. Anak-anak secara psikis menanggung beban berat selama hidupnya karena mendapatkan stigma sebagai anak seorang pembunuh. 


Hukuman mati akibat dosa memang harus ditanggung sendiri, tetapi harus kita ingat banyak orang yang menjadi korbannya. Sebab itu ingatlah baik-baik agar jangan sampai kita berbuat kesalahan yang merugikan banyak orang.


Kabar baik ... Kristus Yesus telah mati di kayu salib untuk menggantikan hukuman dosa yang seharusnya kita tanggung. Dengan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita menerima pembebasan. Tetapi harus diingat jangan kembali kepada kehidupan dosa di masa lalu. Hiduplah dengan takut akan Tuhan dan mentaati firman-Nya. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages