Dipulihkan Dengan Penebusan

 



Selasa, 4 April 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 2 Samuel 19-21


2 Samuel 21:5-6 (TB)  Sesudah itu berkatalah mereka kepada raja: "Dari orang yang hendak membinasakan kami dan yang bermaksud memunahkan kami, sehingga kami tidak mendapat tempat di mana pun di daerah Israel,

biarlah diserahkan tujuh orang anaknya laki-laki kepada kami, supaya kami menggantung mereka di hadapan TUHAN di Gibeon, di bukit TUHAN." Lalu berkatalah raja: "Aku akan menyerahkan mereka." 


Dalam zaman Daud terjadilah kelaparan selama tiga tahun berturut-turut, lalu Daud pergi menanyakan petunjuk TUHAN. Berfirmanlah TUHAN: "Pada Saul dan keluarganya melekat hutang darah, karena ia telah membunuh orang-orang Gibeon." 


Setelah Daud berbicara dengan orang-orang Gibeon akhirnya dilakukan pengorbanan tujuh orang keturunan Saul dengan cara digantung. Pengorbanan ini merupakan penebusan akan hutang darah supaya kutuk kelaparan yang telah lama terjadi dipatahkan.

Setelah dilakukan penebusan maka Tuhan mengabulkan doa untuk negeri Israel (2 Samuel 21:14). Bangsa Israel mengalami pemulihan karena pengorbanan yang telah dilakukan.


Minggu ini kita memperingati karya keselamatan Tuhan yaitu menebus manusia berdosa yang seharusnya dihukum. Jumat Agung memperingati kematian Yesus Kristus dan Paskah memperingati kebangkitan-Nya dari kematian. Yesus Kristus yang tidak berdosa telah disalibkan menggantikan semua orang berdosa. Karena penebusan ini maka hubungan manusia yang berdosa dengan Tuhan dipulihkan.


Sebagai orang-orang yang telah ditebus, marilah kita hidup berpadanan dengan penebusan Allah. Jangan lagi hidup dalam dosa, sebaliknya marilah kita memuliakan dan melayani Tuhan. Jadilah pribadi yang menghargai karya Tuhan dengan hidup berkenan bagi Dia. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages