Berdoa Dengan Murah Hati

Jumat, 2 Juni 2017 - Doa Puasa Hari 26

Bacaan: Yohanes 17

Dalam Yohanes 17, Yesus sedang berdoa di Taman Getsemane. Pada saat itu, Yesus menghadapi pergumulan yang paling berat. Dia akan ditangkap dan disalib. Di tengah kecemasan, kekhawatiran dan ketakutan, Yesus mengambil waktu untuk berdoa bagi murid-murid-Nya dan semua orang percaya.

Ketika kita berhadapan dengan badai terbesar dalam kehidupan, seringkali kita hanya berdoa untuk kebutuhan kita. Namun, Yesus memberikan teladan untuk mendoakan orang lain dengan murah hati sekalipun kita sedang mengalami masa-masa yang sulit. Di taman Getsemane, Yesus menunjukkan kepada kita untuk:

1. Berdoa dengan murah hati bagi orang lain sekalipun di tengah masa sulit kita. Yesus mengambil waktu untuk berdoa sekalipun diri-Nya sendiri sedang bergumul dengan masalah-Nya.

2. Berdoa bagi mereka yang mengalami pergumulan yang sama dengan kita. Yesus mendoakan murid-murid-Nya yang akan mengkhianati dan menyangkal Dia. Yesus mengerti ketakutan, kekhawatiran dan godaan mereka. Dia tidak menghakimi mereka, tetapi berdoa bagi pergumulan mereka.

3. Berdoa sesuai kehendak Allah setiap waktu. Yesus berkali-kali menyebutkan di dalam doa-Nya bahwa bukan kehendak-Nya, melainkan kehendak Allah Bapa yang terjadi.

Ketika kita menerima Kristus, kita menerima paket komplit yaitu perlindungan, penyediaan dan bimbingan. Karakter dan janji Tuhan tidak pernah berubah sekalipun di dalam badai. Dengan berkat ini, mari kita dengan murah hati memberkati orang lain lewat doa-doa kita.

"Orang yang paling kuat menyediakan waktu untuk menolong orang lain, sekalipun mereka sedang bergumul dengan masalah mereka sendiri." (anonymous)

Pokok Doa:
Berdoa untuk hati yang penuh belas kasihan dan kemurahan untuk berdoa bagi kebutuhan orang lain di setiap waktu.

(Disalin dari Panduan Doa Puasa 40 Hari IFGF 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages