Tetap Cantik Di Usia Senja

 



Minggu, 7 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 19-21


Kejadian 20:2 (TB)  Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: "Dia saudaraku," maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara. 


Ketika Abraham dan Sara sampai di tanah Gerar, mereka berjumpa dengan raja Gerar. Karena Abraham memperkenalkan Sara sebagai saudaranya, maka raja Gerar tertarik kepada kecantikan Sara dan bermaksud mengambilnya menjadi isterinya. Tetapi malaikat Tuhan memperingatkan raja Gerar, bahwa Sara adalah istri Abraham sehingga mencegah raja Gerar berbuat dosa terhadap Tuhan.


Menarik dalam kisah tersebut, Sara telah berusia 90 tahun tetapi tetap cantik dan menarik sehingga raja Gerar jatuh hati. Apakah yang membuat Sara tetap cantik di usia senja?


1. Bersekutu dengan Tuhan


Sara bersama Abraham senantiasa membangun mezbah atau persekutuan dengan Tuhan. Dalam hadirat-Nya, ia menerima kekuatan, kesehatan, pemulihan dari sel-sel tubuh yang rusak. Ada sukacita dan damai sejahtera sehingga terpancar dari raut mukanya. Ada aura kecantikan manusia batin yang keluar dari pribadi Sara. Maka jadilah Sara awet muda dan menarik sekalipun usianya telah senja.


2. Menghidupi janji Tuhan


Ketika Tuhan berjanji akan memberikan Abraham dan Sara keturunan, maka timbul iman dan semangat dalam diri mereka. Sara membangun pola pikir dan kebiasaan sebagai perempuan muda, sekalipun usianya sudah senja. Sara menghidupi janji Tuhan bahwa ia akan melahirkan dan menyusui anaknya sekalipun secara fisik tidak memungkinkan. Dengan demikian maka Sara secara fisik dan mental menjadi kuat, bergairah dan penuh vitalitas.


Usia terus bertambah dan tidak dapat kita tahan. Kondisi fisik secara alami akan menurun dengan bertambahnya usia. Tetapi kita tetap bisa tampil cantik dan prima apabila hidup dalam persekutuan dengan Tuhan dan menghidupi janji-janji-Nya. Sinar kemuliaan Tuhan terpancar melalui wajah kita. Selamat hari Minggu, selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages