Memberi Dampak Pada Sebuah Tempat

 



Rabu, 10 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 28-30


Kejadian 28:19 (TB)  Ia menamai tempat itu Betel; dahulu nama kota itu Lus. 


Kota Lus sebelumnya tidak dikenal. Arti namanya adalah pohon almon. Tetapi setelah Yakub menamai kota Lus dengan Betel, maka kota itu menjadi sangat penting bagi bangsa Israel. Betel memiliki arti rumah Allah. Betel berjarak 19 km di sebelah utara Yerusalem. Yakub telah mengubah kota Lus yang sebelumnya tidak dikenal menjadi Betel yang memiliki dampak.


Ada proses yang dialami Yakub dalam mengubah nama sebuah tempat menjadi berdampak.


1. Bernaung dalam lindungan Tuhan.


Kejadian 28:11 (TB)  Ia sampai di suatu tempat, dan bermalam di situ, karena matahari telah terbenam. Ia mengambil sebuah batu yang terletak di tempat itu dan dipakainya sebagai alas kepala, lalu membaringkan dirinya di tempat itu. 


Yakub bernaung dalam lindungan Tuhan. Orang yang bernaung dalam lindungan Tuhan akan selalu berada dalam hadirat-Nya.


Mazmur 91:1-2 (TB)  Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa 

akan berkata kepada TUHAN: "Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai." 


2. Memiliki impian atau visi.


Kejadian 28:12 (TB)  Maka bermimpilah ia, di bumi ada didirikan sebuah tangga yang ujungnya sampai di langit, dan tampaklah malaikat-malaikat Allah turun naik di tangga itu. 


Bila kita merindukan suatu tempat yang tidak berarti atau memiliki citra yang buruk menjadi diubahkan dan berdampak, milikilah mimpi atau visi terhadap tempat tersebut dan berdoalah terus untuk tempat tersebut.


3. Berpegang pada janji Tuhan


Kejadian 28:13-15 (TB)  Berdirilah TUHAN di sampingnya dan berfirman: "Akulah TUHAN, Allah Abraham, nenekmu, dan Allah Ishak; tanah tempat engkau berbaring ini akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu. 

Keturunanmu akan menjadi seperti debu tanah banyaknya, dan engkau akan mengembang ke sebelah timur, barat, utara dan selatan, dan olehmu serta keturunanmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat. 

Sesungguhnya Aku menyertai engkau dan Aku akan melindungi engkau, ke mana pun engkau pergi, dan Aku akan membawa engkau kembali ke negeri ini, sebab Aku tidak akan meninggalkan engkau, melainkan tetap melakukan apa yang Kujanjikan kepadamu." 


Peganglah janji Tuhan dalam hidup Anda dan juga tempat yang Anda doakan.


4. Membangun mezbah


Kejadian 28:18 (TB)  Keesokan harinya pagi-pagi Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai alas kepala dan mendirikan itu menjadi tugu dan menuang minyak ke atasnya.


Bangunlah mezbah atau persekutuan dengan Tuhan dan terus berdoa bagi tempat tersebut. Jadilah pendoa dan penyembah Tuhan di tengah-tengah lingkungan yang gelap. Maka terang Tuhan akan bersinar di tengah-tengah kegelapan.


Yeremia 29:7 (TB)  Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu. 


5. Taat kepada Tuhan


Kejadian 28:22 (TB)  Dan batu yang kudirikan sebagai tugu ini akan menjadi rumah Allah. Dari segala sesuatu yang Engkau berikan kepadaku akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada-Mu."


Salah satu bentuk ketaatan Yakub adalah mempersembahkan persepuluhan ke rumah Allah, meneladani bapa leluhurnya yaitu Abraham dan Ishak yang juga melakukannya.


Kehadiran kita di sebuah tempat sudah seharusnya memberi dampak positif. Bila kita hidup menjadi seorang penyembah, maka langit terbuka, malaikat turun naik untuk membawa doa-doa kita kepada Tuhan. Mungkin kita hidup di tengah-tengah lingkungan yang buruk, tetapi kasih dan kuasa Tuhan dalam diri kita akan mengubahkannya menjadi lingkungan yang positif dan berdampak.

Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages