Hubungan Ibadah dan Kesehatan

 



Rabu, 24 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 22-24


Keluaran 23:25-26 (TB)  Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu. 


Firman Tuhan menyatakan ada hubungan antara beribadah kepada Tuhan dengan kesehatan.


1. Tuhan memberkati makanan dan minuman sehingga tidak mendatangkan sakit penyakit.


Salah satu penyebab sakit penyakit dapat timbul melalui makanan. Adanya bakteri, virus, kandungan kolesterol atau gula berlebihan dapat mendatangkan sakit penyakit. Sebab itu kita berdoa sebelum makan selain bersyukur adalah meminta Tuhan untuk menguduskan makanan kita. Tetapi lebih daripada itu Tuhan menghendaki kita beribadah kepada Tuhan baik secara pribadi maupun bersama jemaat.


Ibadah akan mendatangkan rasa tenang, sukacita dan hati yang gembira sehingga menaikkan imunitas (daya tahan) tubuh dan menjadi obat secara alami di dalam tubuh.


Amsal 17:22 (TB)  Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. 


Ada kuasa kesembuhan melalui puji-pujian yang kita persembahkan kepada Tuhan.


Yesaya 57:19 (TB)  Aku akan menciptakan puji-pujian. Damai, damai sejahtera bagi mereka yang jauh dan bagi mereka yang dekat — firman TUHAN — Aku akan menyembuhkan dia! 


2. Berkat kesehatan alat reproduksi.


Salah satu berkat dalam ibadah adalah kesehatan alat reproduksi. Tidak ada kemandulan atau tidak memiliki keturunan. Ibadah memiliki arti taat kepada Tuhan. Sebagai contoh Tuhan memberkati bidan-bidan di Mesir karena lebih taat kepada Tuhan daripada kepada Firaun.


Keluaran 1:21 (TB)  Dan karena bidan-bidan itu takut akan Allah, maka Ia membuat mereka berumah tangga. 


Tuhan memberkati buah kandungan sehingga tidak ada keguguran.


Ulangan 28:1, 4 (TB)  "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi. 

Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu. 


Mazmur 144:14-15 (TB)  Semoga lembu sapi kita sarat; semoga tidak ada kegagalan dan tidak ada keguguran, dan tidak ada jeritan di lapangan-lapangan kita! 

Berbahagialah bangsa yang demikian keadaannya! Berbahagialah bangsa yang Allahnya ialah TUHAN! 


3. Berkat umur panjang.


Keluaran 23:26 (TB)  Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu. 


Janji Tuhan "Aku akan menggenapkan tahun umurmu" artinya ada berkat umur panjang bagi setiap orang yang taat dan beribadah kepada Tuhan. Umur panjang dan kesehatan adalah seiring sejalan. Bila kita memiliki kesehatan dan kekuatan yang baik maka umur panjang juga akan menyertai.


Mazmur 90:10a (TB)  Masa hidup kami tujuh puluh tahun dan jika kami kuat, delapan puluh tahun, ...


Amsal 3:5, 16 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 

Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan. 


Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur teratur dan olah raga. Tetapi jangan lupakan nasehat firman Tuhan, dengan taat beribadah akan membuat tubuh, jiwa dan roh kita menjadi sehat, keluarga menjadi sehat serta umur panjang dikaruniakan kepada kita. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages