Pentingnya Menguji Informasi

 



Sabtu, 13 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 37-39


Kejadian 39:19 (TB)  Baru saja didengar oleh tuannya perkataan yang diceritakan isterinya kepadanya: begini begitulah aku diperlakukan oleh hambamu itu, maka bangkitlah amarahnya.


Potifar langsung bangkit amarahnya dan memasukkan Yusuf ke dalam penjara ketika ia mendengar pengaduan isterinya tentang perlakuan Yusuf. Di sini Potifar langsung emosi tanpa menguji terlebih dahulu kebenaran informasi yang diterimanya.


Dari kisah sebelumnya sesungguhnya Potifar dapat menyakini bahwa Yusuf adalah seorang yang takut akan Tuhan sehingga ia mempercayakan manajemen rumahnya kepada Yusuf.


Kejadian 39:3-4 (TB)  Setelah dilihat oleh tuannya, bahwa Yusuf disertai TUHAN dan bahwa TUHAN membuat berhasil segala sesuatu yang dikerjakannya, 

maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf.


Kelebihan dan kebaikan Yusuf di mata Potifar hancur karena Potifar lebih percaya kepada fitnah yang disampaikan isterinya.


Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah tersebut? Penting untuk menguji setiap informasi agar kita tidak salah dalam bersikap dan bertindak.


1. Tidak menjadi masalah bagi Yusuf.


Yusuf difitnah dan dimasukkan penjara. Peristiwa tersebut tidak menjadi masalah bagi Yusuf sebab ia percaya bahwa Tuhan bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Buktinya di dalam penjara, ia mendapatkan kepercayaan dari kepada penjara untuk mengatur manajemen penjara, padahal ia seorang tahanan. Bahkan ketika di penjara memungkinkan Yusuf bertemu dengan juru minuman yang suatu saat akan mempertemukan kepada Firaun, sehingga ia menjadi orang kedua di tanah Mesir.


2. Menjadi masalah bagi Potifar.


a. Potifar kehilangan karyawan dan orang kepercayaan terbaik, padahal Yusuf tidak melakukan apapun yang dituduhkan isteri Potifar kepadanya. Ini adalah kerugian yang besar, sebab sulit mencari orang yang pintar, rajin, jujur dan takut akan Tuhan.


b. Rumah Potifar kehilangan berkat.

Selama manajemen rumah Potifar dipegang oleh Yusuf, maka Tuhan memberkati rumah Potifar dengan luar biasa. Tetapi setelah ditinggal Yusuf berkat tidak lagi menyertai rumah Potifar.


c. Membiarkan isteri Potifar hidup dalam dosa.

Kecenderungan isteri Potifar untuk berzinah dengan laki-laki muda yang ganteng akan terus terjadi. Ini disebabkan ia memiliki harta melimpah dan seorang isteri yang kesepian karena Potifar sibuk bekerja.


Dari kisah tersebut, marilah kita bersikap bijaksana. Bila ada seseorang memberikan informasi negatif tentang seseorang, ujilah terlebih dahulu apakah informasi tersebut benar adanya. Ataukah pemberi informasi adalah seorang yang kecewa dan penuh kepahitan sehingga memberikan informasi busuk yang bisa merusak hubungan satu dengan yang lainnya.


Ingatlah nasihat firman Tuhan.

Yakobus 1:19-20 (TB)  Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;

sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. 


Selamat berakhir pekan, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages