Kasih Karunia Mengatasi Dosa

 



Kamis, 25 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 25-27


Keluaran 26:34 (TB)  Tutup pendamaian itu haruslah kauletakkan di atas tabut hukum di dalam tempat maha kudus. 


Tuhan memerintahkan Musa untuk membuat tabut hukum yang di atasnya diberi tutup pendamaian. Berikut ini bebeberapa ayat untuk menggambarkan tentang tutup pendamaian.


Keluaran 25:17 (TB)  Juga engkau harus membuat tutup pendamaian dari emas murni, dua setengah hasta panjangnya dan satu setengah hasta lebarnya.


Keluaran 25:18 (TB)  Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu.


Keluaran 25:19 (TB)  Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya.


Keluaran 25:20 (TB)  Kerub-kerub itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu. 


Keluaran 25:21 (TB)  Haruslah kauletakkan tutup pendamaian itu di atas tabut dan dalam tabut itu engkau harus menaruh loh hukum, yang akan Kuberikan kepadamu.


Pengertian rohani yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut adalah:


1. Dua loh hukum Allah menggambarkan tuntutan hukum Allah pada manusia.


Dua loh hukum Allah yang diberikan melalui Musa disimpan di dalam tabut Allah. Manusia tidak dapat dengan sempurna memenuhi tuntutan Allah mengenai kekudusan. Tidak ada yang sempurna dan tidak bisa memenuhi standar Allah sehingga tidak mungkin bagi manusia untuk mengalami keselamatan.


Roma 3:23 (TB)  Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,


2. Tutup pendamaian menggambarkan kasih karunia Allah.


Tutup pendamaian itu diletakkan di atas tabut hukum di ruang maha kudus. Artinya kasih karunia Allah mengatasi keterbatasan manusia dalam menjalankan hukum / perintah Allah.

Di atas segala kelemahan dan keterbatasan manusia untuk melakukan hukum Allah, Tuhan memberikan kasih karunia yaitu pengampunan dan keselamatan di dalam Kristus Yesus. Hal ini melayakkan kita untuk bersekutu dengan Allah di ruangan maha kudus.


Roma 3:24-25 (TB)  dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. 

Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. 


Jadi ternyata Allah telah memberikan gambaran keselamatan pada zaman Perjanjian Lama dalam bentuk tabut Allah. Gambaran keselamatan itu digenapi melalui karya keselamatan yang dikerjakan oleh Yesus Kristus.


Berbahagialah kita yang telah menerima kasih karunia. Tuhan mengampuni dosa dan kesalahan kita pada saat kita percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Kasih karunia dalam Kristus Yesus telah mengampuni dan menyelamatkan kita dari hukum dosa dan memberikan kita hidup yang kekal. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages