10 Perintah Tuhan

 



Selasa, 23 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 19-21


Keluaran 20:1-2 (TB)  Lalu Allah mengucapkan segala firman ini: 

"Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan. 


Kesepuluh Firman diucapkan oleh Tuhan sendiri kepada Musa. Ia memperkenalkan diri sebagai TUHAN, Allah yang membawa bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Kesepuluh Firman dikenal juga sebagai 10 Perintah Tuhan, 10 Hukum Allah atau 10 Hukum Taurat. Sebagai orang percaya kita harus mengetahui dan mempelajari supaya kita sungguh-sungguh melakukannya dan tidak melanggar perintah-Nya.


Berikut kesepuluh Firman TUHAN:


1. Jangan sekutukan Allah dengan sesembahan lain.


Keluaran 20:3 (TB)  Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. 


2. Jangan membuat patung (sesembahan) dan beribadah kepadanya.


Keluaran 20:4 (TB)  Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Keluaran 20:5-6 (TB)  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku, 

tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.


3. Jangan menyebut nama Tuhan dengan sembarangan.


Keluaran 20:7 (TB)  Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. 


4. Kuduskanlah hari Sabat


Keluaran 20:8-11 (TB)  Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: 

enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, 

tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. 


5. Hormatilah orang tuamu


Keluaran 20:12 (TB)  Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. 


6. Jangan membunuh


Keluaran 20:13 (TB)  Jangan membunuh. 


7. Jangan berzinah


Keluaran 20:14 (TB)  Jangan berzinah. 


8. Jangan mencuri


Keluaran 20:15 (TB)  Jangan mencuri. 


9. Jangan berdusta (berbohong)


Keluaran 20:16 (TB)  Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu. 


10. Jangan mengingini milik orang lain


Keluaran 20:17 (TB)  Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."


Kita terkadang tidak mengetahui sehingga tidak taat kepada perintah Tuhan. Sebagai contoh perintah keempat tentang menguduskan hari Sabat, dengan mudah kita meninggalkan atau melalaikan ibadah demi acara lain yang sebenarnya bisa kita atur atau sesuaikan.

Jangan terbiasa menjauhkan diri dari pertemuan jemaat sehingga menjadi sebuah kebiasaan sehingga tidak ada rasa bersalah.


Ibrani 10:25 (TB)  Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. 


Ada yang berkata jika kita percaya kepada Tuhan Yesus maka Hukum Taurat menjadi tidak berlaku. Tetapi kebenarannya adalah Yesus menggenapi (menyempurnakan hukum Taurat) sehingga Kesepuluh Perintah Tuhan tetap berlaku bagi orang percaya.


Matius 5:17-18 (TB)  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.


Marilah kita renungkan Kesepuluh Firman Tuhan tersebut, belajarlah untuk taat sekalipun kita berada dalam kasih karunia. Sebab Tuhan mengasihi setiap orang yang taat dan takut akan Tuhan.

Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages