Jangan Mengingini Milik Sesamamu

 



Jumat, 12 Januari 2024


Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 34-36


Kejadian 34:23 (TB)  Ternak mereka, harta benda mereka dan segala hewan mereka, bukankah semuanya itu akan menjadi milik kita? Hanya biarlah kita menyetujui permintaan mereka, sehingga mereka tetap tinggal pada kita."


Sikhem memperkosa Dina, tetapi ia sangat mencintainya. Sebab itu Sikhem bersama Hemor, ayahnya meminta kepada Yakub agar memberikan Dina menjadi istri Sikhem. Di samping itu mereka bersedia memberikan gadis-gadis mereka kepada anak-anak keturunan Yakub.  Tetapi anak-anak Yakub menjawab dengan tipu muslihat. Mereka memberi syarat agar Sikhem dan seluruh penduduk orang Hewi disunat. Dalam keadaan kesakitan, maka anak-anak Yakub membunuh Sikhem dan semua pria yang bersunat di negeri itu serta merampasi harta mereka, sebab mereka telah mencemari adik mereka.


Di balik motivasi Sikhem mengambil Dina menjadi isterinya, ternyata mereka memiliki motivasi tersembunyi. Mereka menginginkan harta dan ternak orang Israel. Sebab itu Tuhan membiarkan diri mereka dirampas bahkan dibunuh oleh anak-anak Yakub.


Kejadian 34:23 (TB)  Ternak mereka, harta benda mereka dan segala hewan mereka, bukankah semuanya itu akan menjadi milik kita? Hanya biarlah kita menyetujui permintaan mereka, sehingga mereka tetap tinggal pada kita."


Firman Tuhan dalam 10 Hukum Allah yaitu perintah yang ke-10, melarang kita untuk mengingini milik sesama kita.


Keluaran 20:17 (TB)  Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."


Marilah kita mentaati perintah Tuhan tersebut. Jangan mengingini milik sesama atau berusaha mengambil kepemilikannya dari mereka agar kita tidak menerima kutuk atau akibat buruk dari keinginan tersebut. Bersyukurlah dan nikmatilah apa yang Tuhan percayakan kepada kita. Setiap orang menerima pemberian dan kasih karunia Tuhan, berbeda satu dengan yang lain. Berdoalah, berusahalah dan bekerjalah dengan rajin agar kita menerima yang terbaik sesuai dengan berkat yang Tuhan janjikan kepada kita. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages