Tubuh Untuk Tuhan

 



Kamis, 23 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 4-6


1 Korintus 6:13 (TB)  Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh.


Mengapa Tuhan menciptakan tubuh manusia? Bila kita perhatikan semua organ dan anggota tubuh kita tersusun sangat rapi serta berfungsi dengan luar biasa. Pasti ada rencana Tuhan mengapa Ia menciptakan tubuh manusia.


Ada pesan khusus di dalam 1 Korintus 6:13, yaitu:


1. Tubuh bukan untuk percabulan.


Di dalam tubuh manusia ada hormon yang membangkitkan keinginan seksual. Penyaluran keinginan seksual yang kudus hanyalah melalui keluarga yaitu hubungan suami isteri. Di luar hubungan tersebut dinamakan percabulan. Percabulan adalah dosa yang dilakukan manusia di dalam tubuh. Percabulan dimulai dari pikiran (fantasi) sampai perbuatan seksual.


1 Korintus 6:18 (TB)  Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.


2. Tubuh untuk Tuhan.


Tubuh kita diciptakan Tuhan untuk memuliakan Tuhan. Kita diberikan kekuatan tubuh, kecakapan dan berbagai talenta untuk melayani Tuhan. Sebab itu kita harus hidup kudus agar tubuh kita menjadi persembahan yang hidup bagi Tuhan.


Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 


3. Tuhan untuk tubuh.


Tuhan adalah Roh, Ia merindukan tinggal dalam tubuh kita. Sebab itu kita harus menjaga tubuh kita dalam kekudusan agar berkenan dan menyenangkan Tuhan.


1 Korintus 6:19-20 (TB)  Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, — dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? 

Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu! 


Renungan pagi ini mengingatkan kita untuk menjauhi percabulan, mempersembahkan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup kepada Tuhan serta menjadikan tubuh kita sebagai tempat kediaman Tuhan. Jadilah pelaku firman, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages