Hidup Dengan Tujuan

 



Jumat, 24 Nopember 2023


Bacaan Alkitab: 1 Korintus 7-9


1 Korintus 9:26 (TB)  Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. 


Paulus menggambarkan dirinya sebagai seorang atlit yang sedang bertanding untuk mendapatkan mahkota juara. Secara rohani hidup ini adalah pertandingan dengan tujuan sampai di sorga. Orang yang memiliki tujuan hidup tahu bagaimana ia harus hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Sebaiknya orang yang tidak memiliki tujuan hidup akan hidup dengan sembrono, memuaskan keinginan daging dan menjauhkan diri dari persekutuan dengan Tuhan.


Roma 14:8 (TB)  Sebab jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, dan jika kita mati, kita mati untuk Tuhan. Jadi baik hidup atau mati, kita adalah milik Tuhan.


Hidup dan mati kita adalah untuk Tuhan sebab kita adalah milik Tuhan. Sebab itu marilah kita maksimalkan selama kita hidup dengan menghasilkan buah untuk kemuliaan Tuhan.


Filipi 1:21-22 (TB)  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. 

Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.


Kalimat terakhir dalam ayat tersebut "Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu" bukan berarti Paulus plin-plan atau tidak punya tujuan. Yang dimaksud bahwa hidup dan mati seseorang adalah kedaulatan Tuhan. Bila kita masih diberikan kesempatan untuk hidup, berarti masih ada pekerjaan yang Tuhan percayakan agar kita menghasilkan buah. Tetapi bila dipandang Tuhan sudah cukup, maka Ia akan memanggil kita pulang ke sorga. Selama kita hidup fokuslah kepada Kristus dan bagaimana menyenangkan hati-Nya.


Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan, hiduplah dengan tujuan Tuhan dalam hidupmu. Jangan sia-siakan kesempatan dalam hidup dengan melakukan perbuatan berdosa dan menjauhkan diri dari persekutuan dengan Tuhan. Janganlah hidup hanya memuaskan keinginan diri sendiri. Sebaliknya hasilkanlah buah bagi Tuhan, giatlah dalam pelayanan dan memenangkan jiwa-jiwa. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages