Mendengarkan Suara Gembala

 



Sabtu, 4 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 10-12


Yohanes 10:3 (TB)  Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.


Yesus menyatakan dirinya sebagai Gembala yang baik. Dia memanggil, menuntun dan berkorban bagi domba-domba-Nya. Tidak dapat kita ukur kasih dan pengorbanan-Nya bagi umat-Nya, bahkan Dia rela menyerahkan nyawa-Nya bagi kita.


Adapun kita digambarkan sebagai domba-domba Allah. Respon yang kita berikan adalah mendengarkan dan mentaati suara-Nya.


1. Mendengarkan suara Tuhan.


Mendengarkan berarti sungguh-sungguh mendengar dengan penuh perhatian, fokus dan tertuju kepada suara atau panggilan-Nya. Banyak suara di sekitar kita yang dapat memecah konsentrasi iman kita. Ada suara iblis, ada suara kedagingan, ada suara orang-orang. Tetapi ada suara yang benar yang harus kita dengarkan dengan sungguh-sungguh yaitu suara Tuhan yang memanggil dan mengarahkan hidup kita.


2. Suara Tuhan adalah Firman-Nya.


Kita mungkin jarang mendengar suara Tuhan secara langsung (audible) tetapi kita bisa mendengarkan suara Tuhan melalui Firman-Nya dan Roh Kudus melalui hati nurani yang kudus. Sebab itu biasakanlah untuk membaca, merenungkan, mendengarkan Firman Tuhan setiap hari. Roh Kudus akan mengingatkan Firman Tuhan yang kita terima melalui suara hati nurani.


3. Suara Tuhan memanggil nama Anda.


Jika ada orang yang memanggil nama Anda, tentu Anda akan menoleh dan mengarahkan pandangan dan perhatian Anda kepadanya. Tuhan memanggil Anda, dengan nama Anda. Suara-Nya memanggil Anda untuk bersekutu dalam doa, menikmati Firman Tuhan, menyembah dan menikmati hadirat-Nya, bersekutu dengan saudara seiman dan memimpin Anda ke jalan yang benar sesuai kehendak-Nya.


Jika Tuhan setiap hari memanggil nama kita, akankah kita mengabaikan-Nya? Dengarkanlah dan berilah perhatian yang sungguh-sungguh untuk mendengarkan dan mengikuti suara Tuhan. Dia adalah Gembala yang baik, akan membawa kita ke padang rumput yang hijau dan ke air yang tenang. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages