Menyelamatkan Anggota Keluarga

 



Senin, 13 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah Para Rasul 16-18


Kisah Para Rasul 16:31 (TB)  Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." 


Banyak orang Kristen salah memahami ayat tersebut. Mereka berpikir bila sesorang percaya Tuhan Yesus maka seluruh keluarganya akan selamat. Dengan kata lain, keselamatan seluruh anggota  keluarga akan ditanggung oleh orang yang sudah percaya. Di dalam bahasa Jawa ada istilah "nggandul" atau mengikut.


Kebenarannya adalah setiap orang bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sendiri. Bila memiliki orang tua yang percaya, tetapi anak-anaknya tidak percaya kepada Yesus maka anak-anaknya tidak otomatis menerima keselamatan.


Penafsiran yang benar dari ayat di atas adalah bila seseorang dalam keluarga menjadi percaya kepada Tuhan Yesus, maka ia menjadi agen keselamatan, pembuka jalan yang akan mengabarkan jalan keselamatan melalui Tuhan Yesus kepada seluruh anggota keluarganya. 

Hal ini dapat kita lihat dari ayat-ayat sesudahnya.


Kisah Para Rasul 16:32-34 (TB)  Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya. 

Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa mereka dan membasuh bilur mereka. Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis.

Lalu ia membawa mereka ke rumahnya dan menghidangkan makanan kepada mereka. Dan ia sangat bergembira, bahwa ia dan seisi rumahnya telah menjadi percaya kepada Allah.


Apakah Anda salah satu dari anggota keluarga yang sudah percaya kepada Tuhan Yesus? Sayang sekali bila hanya Anda saja yang diselamatkan, sementara anggota keluarga Anda terhilang. Jangan egois dengan keselamatan yang telah Anda terima.


Bila Anda sungguh-sungguh mengasihi keluarga Anda atau orang-orang yang Anda kasihi ... berdoalah, beritakanlah firman Tuhan, ajaklah seluruh anggota keluarga menerima Tuhan Yesus dan beribadah kepada-Nya. Jangan menyerah ketika Anda ditolak, tetapi teruslah berusaha sampai Anda melihat seluruh anggota keluarga Anda percaya dan dibaptis serta menjadi murid Tuhan Yesus. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages