Ditempatkan Secara Khusus

 



Sabtu, 25 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 10-12


1 Korintus 12:18 (TB)  Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.


Tuhan menciptakan tubuh kita dalam susunan yang sempurna, semua bagiannya ditempatkan secara khusus untuk menghasilkan fungsi yang optimal. Sebagai contoh dua mata menghadap ke depan, berfungsi melihat dengan fokus ke depan, sebab kita berjalan ke depan. Seandainya satu diletakkan di depan (wajah) dan satunya lagi di belakang kepala, maka akan terjadi kekacauan. Akan terjadi keraguan, konflik bahkan perpecahan dalam melangkah.


Ilustrasi penempatan anggota-anggota tubuh secara khusus menggambarkan tempat kita secara khusus dalam tubuh Kristus (gereja). Setiap anggota memiliki fungsi yang khusus dan berbeda-beda satu dengan yang lain. Sebab itu kita patut merenungkan ...


1. Sudahkah kita menemukan tempat khusus kita dalam gereja?


Tempat khusus yang dimaksud bukan tempat duduk, melainkan pelayanan kita yang paling optimal di gereja. Kita mungkin bisa melakukan banyak pelayanan, tetapi ada yang paling tepat di mana kita bisa memberikan dampak yang paling optimal. Tempat secara khusus ini bukan seperti yang kita kehendaki, melainkan sesuai dengan kehendak Tuhan (1 Korintus 12:18).


Untuk menemukan tempat khusus kita di gereja yang harus kita lakukan adalah ...

a. Berdoa.

b. Menemukan dan mengembangkan karunia-karunia kita.

c. Sharing dengan gembala tentang kerinduan pelayanan kita dalam gereja-Nya.


Bisa jadi memerlukan proses (bongkar pasang) dalam pelayanan sampai kita menemukan tempat yang paling khusus (tepat) bagi kita dalam pelayanan.


2. Memahami fungsi setiap anggota berbeda-beda.


Terkadang ada anggota ingin menjadi seperti orang lain dalam pelayanan. Tidak sepenuhnya salah, tetapi bila kita memaksakan diri maka tidak akan optimal atau berdampak maksimal dalam pelayanan.


Dalam perbedaan karunia satu dengan yang lain, sebaiknya yang dilakukan adalah saling melengkapi kekurangan satu dengan yang lain.


2 Korintus 8:14 (TB)  Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.


3. Kepala dan tubuh dimuliakan


Bila satu anggota berhasil dalam pelayanannya, maka seharusnya yang dipuji bukan hanya anggota tersebut tetapi kepala dan seluruh tubuh. Misal ada anggota jemaat yang dipakai Tuhan secara luar biasa, maka yang dimuliakan adalah Kristus dan gereja sebagai tubuh-Nya.


Ketika kita berhasil dalam pelayanan, kemuliaan hanyalah milik Tuhan. Sebaliknya jangan menjadi kecewa dan marah bila kita tidak dipuji atau tidak dihargai. Banyak orang menganggap hal ini wajar. Karena tidak dipuji, maka dengan mudah mundur dan berpindah gereja. Jangan mencari pengakuan dari manusia. Pujian sejati datangnya dari Tuhan, suatu saat kita akan menerima upah dan penghargaan dari Tuhan. Bahkan ini jauh lebih mulia daripada sekedar penghargaan dari manusia.


Tempatkanlah diri kita dalam gereja-Nya dan lakukanlah panggilan kita sesuai dengan karunia dan talenta kita dengan penuh kesungguhan. Maka pujian dan upah akan datang dari Tuhan sebab kita telah melayani dengan setia. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages