Keselamatan Hanya Di Dalam Yesus

 



Sabtu, 11 Nopember 2023


Bacalah Alkitab Setahun: Kisah Para Rasul 10-12


Kisah Para Rasul 10:34-35 (TB)  Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.

Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. 


Banyak jemaat bahkan hamba Tuhan menggunakan ayat tersebut untuk memaklumi jalan keselamatan pada semua keyakinan beragama. Mereka mengatakan jika suatu kelompok mengamalkan kebenaran, maka mereka pun berhak mendapatkan keselamatan. Tuhan berkenan kepada mereka.


Pendapat tersebut tidak benar, sebab dalam ayat-ayat sesudahnya Petrus memberitakan tentang Yesus sebagai jalan keselamatan. Mengutip satu ayat terpisah dari konteksnya akan membawa kepada penyesatan.


Kisah Para Rasul 10:42-43 (TB)  Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.

Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya."


Yesus juga menyatakan diri-Nya adalah satu-satunya jalan keselamatan menuju ke sorga.


Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.


Petrus dalam kotbahnya di depan mahkamah agama Yahudi juga menegaskan bahwa keselamatan hanya ada di dalam Yesus.


Kisah Para Rasul 4:12 (TB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."


Jadi waspadalah kepada pengajaran yang mengatakan bahwa Tuhan menyelamatkan orang-orang jika mengamalkan kebenaran sekalipun mereka tidak percaya Yesus. Ajaran yang benar adalah jalan menuju keselamatan dan kehidupan yang kekal hanya melalui Tuhan Yesus. Sebab itu Tuhan memberikan mandat agar kita senantiasa memberitakan Injil agar semua orang menjadi percaya kepada Tuhan Yesus dan diselamatkan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages