Bermegah Dalam Tuhan

 



Rabu, 22 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: 1 Korintus 1-3


1 Korintus 1:31 (TB)  Karena itu seperti ada tertulis: "Barangsiapa yang bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan."  


Kita terkadang sulit untuk memahami kata bermegah sebab sebutan megah sering digunakan untuk sebuah bangunan atau acara yang besar, spektakular sehingga membuat orang berdecak kagum.


Sebab itu kita akan melihat terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Masa Kini.


1 Korintus 1:31 (BIMK)  Jadi, seperti yang tertulis dalam Alkitab, "Orang yang mau berbangga-bangga, harus berbangga atas apa yang dilakukan Tuhan."


Jadi bermegah dalam Tuhan adalah berbangga atas apa yang dilakukan Tuhan. 


Dalam kehidupan ini ada tiga tipe orang, yaitu:


1. Orang yang kecewa atas pekerjaan Tuhan dalam dirinya.


Ini terjadi karena yang terjadi dalam hidup seseorang tidak seperti yang diinginkan atau diharapkan sehingga timbul rasa kecewa, tidak puas atau marah kepada Tuhan. Bila berlangsung terus-menerus akan menjadi pahit hati dan hilang rasa percaya kepada Tuhan.


2. Orang yang menganggap pekerjaan Tuhan dalam dirinya biasa dan tidak istimewa.


Golongan ini menganggap bahwa pekerjaan Tuhan dalam dirinya tidak ada yang istimewa dan mudah dilakukan dengan kekuatan sendiri atau oleh orang lain. Pada umumnya mereka mengandalkan materi, logika, pengetahuan atau kekuatan diri sendiri untuk mencapai sesuatu. Banyak orang dalam golongan ini menjadi ateis atau tidak percaya dan tidak membutuhkan Tuhan.


3. Orang yang menyadari setiap pekerjaan Tuhan dalam dirinya luar biasa.


Golongan ini selalu memandang secara positif segala sesuatu yang terjadi dalam dirinya sebagai pekerjaan Tuhan untuk mendatangkan kebaikan. Sebab itu ia selalu bersyukur dalam segala keadaan bahkan tidak pernah kecewa dan marah sekalipun hal yang buruk terjadi. Imannya terus bertumbuh dan tetap teguh, selalu aktif bersaksi tentang pekerjaan Tuhan dalam hidupnya.


Mazmur 139:14 (TB)  Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. 


Jadilah sebagai orang percaya yang selalu bermegah dalam Tuhan, yaitu bangga atas setiap pekerjaan dan karya Tuhan dalam hidup kita. Inilah gaya hidup yang selalu memuliakan Tuhan setiap hari. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages