Mengapa Terjadi?

 



Minggu, 5 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 13-15


Yohanes 13:7 (TB)  Jawab Yesus kepadanya: "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak."


Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya, suatu perbuatan yang aneh dan tidak lazim sehingga membuat mereka bertanya-tanya.


Yohanes 13:6 (TB)  Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya: "Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?" 


Maka Yesus menjawab, "Apa yang Kuperbuat, engkau tidak tahu sekarang, tetapi engkau akan mengertinya kelak."


Pada saat Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya semua tidak tahu maksudnya, tetapi beberapa waktu sesudahnya mereka tahu alasan mengapa Yesus melakukannya. 


Yohanes 13:10-11 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Barangsiapa telah mandi, ia tidak usah membasuh diri lagi selain membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Juga kamu sudah bersih, hanya tidak semua."

Sebab Ia tahu, siapa yang akan menyerahkan Dia. Karena itu Ia berkata: "Tidak semua kamu bersih."


Sesudah Yesus diserahkan, barulah murid-murid-Nya mengetahui bahwa di antara mereka ada Yudas yang akhirnya menyerahkan Yesus untuk dianiaya dan disalibkan. Sehingga genaplah pengertian mereka bahwa tidak semua murid-murid-Nya yang bersih hatinya.


Renungan hari ini:


Apa yang terjadi pada kita saat ini, seringkali kita tidak tahu apa maksud Tuhan di dalamnya. Tetapi kelak setelah beberapa waktu kita mengetahui mengapa Tuhan mengijinkan terjadi.


Ketika yang terjadi mendatangkan kebahagiaan, kita hampir tidak pernah bertanya tentang alasannya. Tetapi ketika yang terjadi mendatangkan penderitaan, kita seringkali bertanya kepada Tuhan, "Mengapa semua ini terjadi?"


Tenanglah Tuhan mengijinkan segala sesuatu terjadi dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan yang pada saat sekarang kita belum tahu maksud Tuhan.


Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Haleluya, selamat hari Minggu. Selamat beribadah. Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages