Hati Tertusuk Duri

 



Kamis, 9 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah Para Rasul 4-6


Kisah Para Rasul 5:33 (TB)  Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 


Petrus dan para rasul ditangkap dan dihadapkan kepada Mahkamah Agama karena mereka tetap memberitakan Injil sekalipun telah dilarang dengan keras.


Petrus menjawab dengan tegas di hadapan Mahkamah Agama Yahudi.


Kisah Para Rasul 5:29-32 (TB)  Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia.

Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. 

Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa.

Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia."


Mendengar jawaban Petrus, pemuka agama Yahudi menjadi sangat tertusuk hatinya sehingga bermaksud membunuh rasul-rasul itu.


Dalam hal ini kita belajar bahwa jikalau seorang tertusuk hatinya bisa merencanakan kejahatan bahkan membunuh orang lain. Ada yang membunuh orang oleh sebab dihina. Ada yang membunuh orang akibat terluka oleh perkataan orang lain. Ada yang ditolak cintanya sehingga membunuh atau bunuh diri. Sebab itu kita harus menjaga hati kita supaya tidak timbul keinginan dosa dan dibuahi menjadi kejahatan.


Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 


Tetaplah menjaga hati ketika ada orang yang menghina, melecehkan atau memberikan perlakuan yang tidak baik. Jangan sampai hati menjadi terluka dan tolaklah segala keinginan jahat untuk membalas. Orang yang hatinya dipenuhi oleh kasih Allah bisa menghadapi dengan bijak semua ucapan dan tindakan buruk orang lain terhadap dirinya. 


Ingatlah dalam kehidupan ini banyak sekali "duri" yang dapat menyakiti. Jangan biarkan hati tertusuk duri. Tetapi orang yang menjaga hati akan tetap mengasihi. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages