Hidup Dengan Sopan

 



Selasa, 21 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Roma 13-16


Roma 13:13 (TB)  Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, hidup dengan sopan memiliki makna tertib dan hormat pada etika, beradab (dalam tingkah laku, tutur kata dan berpakaian) dan baik kelakuannya (tidak cabul).


Sebagai orang percaya kita hidup dengan mentaati kaidah/etika Kristiani. Dalam bahasa Yunani hidup dengan sopan diartikan sebagai "hidup dengan riang", maksudnya bila kita mentaati etika Kristiani (sesuai firman Tuhan) akan mendatangkan kebahagiaan.


Hidup dengan sopan yang ditulis dalam Roma 13:13 antara lain:


1. Jangan hidup dalam pesta pora dan kemabukan.


Lukas 21:34 (TB)  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat."


2. Jangan hidup dalam percabulan dan hawa nafsu.


1 Korintus 6:18 (TB)  Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.


3. Jangan hidup dalam perselisihan dan iri hati.


1 Korintus 3:3 (TB)  Karena kamu masih manusia duniawi. Sebab, jika di antara kamu ada iri hati dan perselisihan bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi dan bahwa kamu hidup secara manusiawi?


Menjaga, memelihara dan mentaati etika kesopanan (etika Kristiani) akan menjaga dalam hubungan dengan Tuhan dan orang lain sehingga kita bisa menikmati sukacita dan kebahagiaan dalam kehidupan selama kita hidup di dunia. Selamat beraktifitas, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages