Cara Iman Bertumbuh

 



Senin, 20 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Roma 10-12


Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 


Bila ditanya setiap orang Kristen rindu agar iman mereka bertumbuh. Tetapi mereka tidak tahu caranya, atau tahu caranya tetapi tidak mau taat melakukan. 

Iman bagaikan sebuah benih yang ditanam, dirawat sehingga bertumbuh dan menghasilkan buah.


Dalam terjemahan Versi Mudah Dibaca (VMD), ayat tersebut adalah


Roma 10:17 (VMD)  Jadi, iman timbul dari mendengarkan firman. Dan firman itu bisa didengar karena ada orang yang memberitakan tentang Kristus.


Iman timbul (bertumbuh) dengan cara:


1. Mendengarkan firman Tuhan.


Mendengarkan firman terdiri dari membaca, merenungkan, mengucapkan dan belajar terus-menerus secara pribadi sehingga pengenalan akan Tuhan semakin bertumbuh. Mendengarkan juga berarti taat dan melakukan, jadi bukan sekedar dengar dan tahu. Sebab itu kita terus mengajak jemaat untuk dengan setia membaca dan merenungkan firman Tuhan setiap hari. Ini untuk diri kita masing-masing sehingga iman kita akan semakin sehat dan bertumbuh.


2. Mendengarkan firman Tuhan yang diberitakan.


Mendengarkan firman Tuhan yang diberitakan bisa didapatkan melalui kotbah dan pengajaran dari para pengajar dan hamba Tuhan. Kita bisa mendapatkannya dalam ibadah setiap hari minggu dan kelompok sel maupun secara aktif melihat dan mendengarkan kotbah melalui platform digital. Sebaiknya sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu meminta nasihat dari gembala dan pengajar di gereja kita agar tidak salah menerima pengajaran. Sebab ada banyak pengajaran yang disampaikan dalam platform digital menyimpang dari ajaran sehat.


Pada intinya iman kita bertumbuh tergantung pilihan dan keputusan setiap orang. Tetapi intinya iman akan bertumbuh bila membaca, merenungkan, mengucapkan dan mendengarkan firman Tuhan secara langsung maupun melalui kotbah dan pengajaran. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages