Karya Salib

 



Selasa, 7 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Yohanes 19-21


Yohanes 19:6 (TB)  Ketika imam-imam kepala dan penjaga-penjaga itu melihat Dia, berteriaklah mereka: "Salibkan Dia, salibkan Dia!" Kata Pilatus kepada mereka: "Ambil Dia dan salibkan Dia; sebab aku tidak mendapati kesalahan apa pun pada-Nya." 


Membaca ayat tersebut sepertinya tidak adil apabila orang dihukum mati tanpa melakukan kesalahan. Tetapi itulah yang terjadi dengan Yesus dan sejarah mencatat semua peristiwa kematian Yesus. Jadi bukan cerita isapan jempol tetapi peristiwa yang nyata terjadi. 


Orang yang dihukum mati dengan cara disalib adalah mereka yang melakukan kejahatan besar sehingga tidak mungkin diampuni. Orang yang disalib disebut sebagai orang yang terkutuk.


Galatia 3:13 (TB)  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" 


Apa yang Yesus alami dengan cara dihukum mati di kayu salib adalah melakukan pertukaran yang mulia.


Penebusan memiliki arti bertukar posisi. Kita seharusnya menerima hukuman (kematian) karena dosa-dosa kita. Tetapi kita dibebaskan dari hukuman mati karena Yesus telah menggantikan posisi kita. Dia yang tidak berdosa dihukum mati karena kita.


1. Karya Yesus di kayu salib mencurahkan  ANUGERAH KEBENARAN kepada manusia dengan menjadikan diri-Nya menjadi dosa karena DOSA manusia.


2 Korintus 5:21 (TB)  Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.


2. Karya Yesus di kayu salib memberikan PENGAMPUNAN kepada manusia dengan menjatuhkan PENGHUKUMAN kepada diri-Nya. 


Yesaya 53:6-7 (TB)  Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. 

Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. 


3. Karya Yesus di kayu salib mendatangkan BERKAT kepada manusia dengan menerima KUTUK atas diri-Nya.


Galatia 3:13-14 (TB)  Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!" 

Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Roh yang telah dijanjikan itu.


4. Karya Yesus di kayu salib memberi KESEHATAN kepada manusia dengan mengalami KESAKITAN yang sangat luar biasa pada diri-Nya.


1 Petrus 2:24 (TB)  Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.


5. Karya Yesus di kayu salib melimpahkan KEMAKMURAN kepada manusia dengan menjadikan diri-Nya miskin.


2 Korintus 8:9 (TB)  Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.


Betapa mulia dan agung karya Yesus di kayu salib seharusnya memotivasi kita untuk menghargai pengampunan dan keselamatan yang telah Tuhan berikan kepada kita. Jangan hidup lagi dalam dosa dan kejahatan. Hiduplah dalam pertobatan dan pengucapan syukur serta kesetiaan dalam pengabdian kita kepada Tuhan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. Amin. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages