Rela Berkorban

 



Selasa, 14 Nopember 2023


Bacaan Alkitab Setahun: Kisah Para Rasul 19-21


Kisah Para Rasul 20:24 (TB)  Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asal saja aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.  


Dalam memenuhi panggilan Tuhan, Paulus rela berkorban dalam segala hal. Paulus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dalam pelayanan. Paulus kurang tidur, mengorbankan tenaga, waktu, harta dan kenyamanan demi memberitakan Injil. Paulus dianiaya dan rela mengorbankan nyawanya. Semua dilakukan Paulus agar ia dapat menyelesaikan tugas yang Tuhan percayakan.


1. Mencapai garis akhir


Paulus adalah pribadi yang berfokus pada panggilan Tuhan. Dia terus berusaha mencapai garis akhir sekalipun harus mengorbankan segala sesuatu bahkan nyawanya.


2 Timotius 4:5-7 (TB)  Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!

Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat. 

Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.


Ayat tersebut adalah surat terakhir Paulus sesaat sebelum dihukum mati menjadi martir. Paulus telah mengakhiri pertandingan yang baik, telah mencapai garis akhir dan telah memelihara iman.


2. Menyelesaikan pelayanan


Pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepada Paulus adalah panggilan tertinggi yang harus diselesaikan. Paulus tidak main-main dengan pelayanannya. Paulus menulis sebagian besar kitab-kitab dalam Perjanjian Baru, Paulus memberitakan Injil, merintis jemaat, mengunjungi dan menguatkan jemaat. Paulus mengalami banyak tantangan, masalah, penolakan dan aniaya dalam pelayanan. Pelayanan Paulus telah memberi dampak yang luar biasa baik pada masanya sampai ke masa kita hidup sekarang. 


2 Timotius 4:5 (TB)  Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!


Ayat tersebut adalah ajakan Paulus agar kita rela berkorban dan menyelesaikan tugas pelayanan sampai Tuhan Yesus memanggil kita ke sorga.


Ada banyak orang Kristen yang masih bermalas-malasan dan tidak serius dalam pelayanan. Lebih suka menghabiskan segala sesuatu untuk dirinya sendiri daripada memberikannya untuk Tuhan. Waktu, tenaga, berkat dan semua yang Tuhan percayakan adalah sarana untuk kita menyelesaikan tugas pelayanan selama kita hidup. Sebab itu marilah kita memiliki sikap yang rela berkorban dalam segala sesuatu, bahkan nyawa kita sekalipun. Semua jerih lelah kita tidak akan pernah sia-sia karena kita akan menerima mahkota kebenaran yang Tuhan sediakan bagi setiap orang yang rela berkorban demi menyelesaikan tugas yang Tuhan percayakan.


2 Timotius 4:8 (TB)  Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.


Tetaplah setia, giat dan rela berkorban dalam pelayanan. Haleluya, Tuhan Yesus memberkati. (PBW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages