Terluput Dari Hukuman



Selasa, 23 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 10-12

Yesaya 10:20 (TB)  Tetapi pada waktu itu sisa orang Israel dan orang yang terluput di antara kaum keturunan Yakub, tidak akan bersandar lagi kepada yang mengalahkannya, tetapi akan bersandar kepada TUHAN, Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tetap setia.

Tuhan menyisakan sebagian kecil orang Israel yang terluput dari hukuman. Mereka adalah orang-orang yang taat dan setia kepada Tuhan. Sesungguhnya gereja adalah "Israel rohani". Di akhir zaman akan terjadi penampian untuk membedakan antara orang-orang fasik dengan orang-orang yang takut akan Tuhan.
Matius 3:12 (TB)  Alat penampi sudah di tangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

Apa kriteria orang-orang yang terluput dari hukuman di akhir zaman? Yesaya 10:20 memuat hal berikut:

1. Tidak bersandar kepada musuh yang mengalahkan.
Pada umumnya musuh yang mengalahkan akan memperlakukan tawanan sebagai budak. Tidak bersandar kepada musuh yang mengalahkan artinya tidak kompromi, tidak tunduk dan tidak mau menjadi budak dari si jahat. Artinya hidupnya tidak takut kepada si jahat dan tidak mau menjadi budak dosa.
Nubuat di akhir zaman memang akan terjadi aniaya yang besar terhadap orang yang beriman kepada Tuhan, tetapi orang yang tidak mau menyembah kepada antikris akan diselamatkan, sekalipun seperti keluar dari api (penuh siksaan), tubuhnya hancur tetapi rohnya selamat.

2. Bersandar kepada Tuhan
Bersandar kepada Tuhan artinya menyerahkan hidupnya sepenuhnya ke dalam tangan Tuhan, yaitu tuntunan, perlindungan dan kuasa-Nya. Orang yang bersandar (mengandalkan) Tuhan akan diberkati.
Yeremia 17:7-8 (TB)  Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

3. Tetap setia
Tetap setia kepada Tuhan artinya taat, tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri melainkan hidup sesuai firman Tuhan.
Yosua 22:5 (TB)  Hanya, lakukanlah dengan sangat setia perintah dan hukum, yang diperintahkan kepadamu oleh Musa, hamba TUHAN itu, yakni mengasihi TUHAN, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, tetap mengikuti perintah-Nya, berpaut pada-Nya dan berbakti kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu."


Menjadi orang Kristen KTP (Kristen Tanpa Pertobatan) tidak menjamin seseorang terlepas dari hukuman di akhir zaman. Tetapi menjadi orang Kristen lahir baru akan terluput dari hukuman. Apakah Kristen lahir baru? Orang Kristen yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, tidak hidup dalam dosa (keinginan daging) tetapi dalam pertobatan serta taat melakukan firman Tuhan setiap hari. Tuhan akan membuat orang Kristen lahir baru terluput dari segala hukuman sesuai dengan firman yang telah dijanjikan-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages