Habis Gelap Terbitlah Terang



Senin, 22 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 7-9

Yesaya 9:1 (TB) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Salah satu karya sastra Indonesia yang terbit pada zaman Hindia Belanda adalah Habis Gelap Terbitlah Terang. Buku ini merupakan kumpulan surat tulisan RA. Kartini kepada teman-temannya di negeri Belanda yang diterjemahkan oleh Armin Pane. Dalam surat-suratnya RA. Kartini menyampaikan impian-impiannya mengenai emansipasi perempuan. Ia percaya bahwa para perempuan yang pada zamannya dikekang dan diperlakukan secara tidak adil suatu saat akan mendapatkan kedudukan yang setara dengan para pria dalam hal pendidikan, pekerjaan dan sosial kemasyarakatan.

Bagaimana judul ini dihubungkan dengan kebenaran firman Tuhan?

1. Bangsa Israel yang hidup dalam kegelapan.
Di antara zaman nabi Maleakhi dan Kitab Injil (Matius), terdapat kurun waktu bangsa Israel berada dalam masa kegelapan. Apa yang terjadi pada masa ini?
a. Firman Tuhan jarang diberitakan di rumah Tuhan. Ibadah yang dilakukan hanyalah agamawi yang tidak mengalami kemuliaan dan kualitas rohani. Tidak ada para nabi yang menyampaikan firman Tuhan secara langsung.
b. Bangsa Israel hidup dalam dosa.
Oleh sebab tidak ada panduan dalam hidup mereka, bangsa Israel melakukan dosa penyembahan berhala dan segala kenajisan lainnya. Tidak ada firman Tuhan atau nabi yang menegur dosa-dosa mereka.
Itulah sebabnya bangsa Israel berada dalam zaman kegelapan.

2. Bangsa Israel akan melihat terang Tuhan.
Kelahiran Yesus Kristus menjadi jawaban bagi bangsa Israel yang hidup dalam kegelapan.
Yesaya 7:14 (TB)  Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
Imanuel yang berarti Tuhan beserta kita, menunjukkan kepedulian Allah yaitu kehadirannya menyertai manusia, memberi terang kebenaran secara menyelamatkan manusia.
Yohanes 8:12 (TB)  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

Apa hubungannya dalam kehidupan manusia di zaman modern ini?
1. Banyak manusia hidup dalam kegelapan.
Banyak yang hidup dalam kegelapan, dikuasai oleh dosa dan tidak memiliki persekutuan dengan Tuhan. Janganlah menyukai hidup dalam kegelapan. Di sana banyak perbuatan dosa yang suatu saat akan menerima penghukumannya.
1 Yohanes 1:6 (TB)  Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.
Efesus 5:11 (TB)  Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.

2. Yesus adalah terang dunia.
Setiap manusia yang telah menerima Yesus menjadi Tuhan dan Juru Selamat dalam hidupnya sesungguhnya telah memiliki terang dalam hidupnya. Ia tidak lagi berjalan dalam kegelapan sebab firman Tuhan (Yesus) senantiasa menerangi jalan hidupnya. Terang juga berarti sikap hidup yang melakukan kebenaran yaitu firman Tuhan.
Efesus 5:8 (TB)  Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.
Mazmur 119:105 (TB)  Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.


Bersyukurlah jika saat ini kita sudah hidup dalam terang yaitu telah menerima keselamatan dan memiliki persekutuan dengan Tuhan. Tetapi lihatlah masih begitu banyak saudara dan teman-teman kita yang belum mengenal kebenaran. Marilah kita membawa terang itu yaitu Kristus kepada mereka supaya mereka diselamatkan dan memiliki pengharapan hidup di dalam Tuhan. Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages