Tercantik Di Antara Yang Cantik



Jumat, 19 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kidung Agung 5-8

Kidung Agung 7:6 (TB)  Betapa cantik, betapa jelita engkau, hai tercinta di antara segala yang disenangi.

Pemilihan Miss Indonesia dan Puteri Indonesia melalui sebuah proses yang panjang. Mereka yang menjadi finalis dan menjalani masa karantina adalah para puteri yang terpilih karena kecantikannya, kepandaiannya dan elok sikapnya. Bisa dikatakan bahwa mereka adalah para puteri yang cantik lahir dan batin. Tetapi pada malam final pemilihan hanya dipilih satu di antara semuanya, yang akan dinobatkan menjadi Miss Indonesia atau Puteri Indonesia. Dia akan menerima mahkota, hadiah serta menjadi duta Indonesia di kancah lokal maupun internasional.

Di antara para permaisuri, selir dan gadis-gadis Salomo, terpilih gadis Sulam alias yang tercantik di antara yang cantik. Salomo memuji-muji kecantikan gadis Sulam. Sebenarnya gadis Sulam bukanlah gadis yang memiliki kulit putih atau status ekonomi yang baik. Gadis Sulam berprofesi sebagai penjaga kebun anggur.

Kidung Agung 1:5-6 (TB)  Memang hitam aku, tetapi cantik, hai puteri-puteri Yerusalem, seperti kemah orang Kedar, seperti tirai-tirai orang Salma.
Janganlah kamu perhatikan bahwa aku hitam, karena terik matahari membakar aku. Putera-putera ibuku marah kepadaku, aku dijadikan mereka penjaga kebun-kebun anggur; kebun anggurku sendiri tak kujaga.

Kidung Agung 6:8-9 (TB)  Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh, dan dara-dara tak terbilang banyaknya.
Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya.

Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut?

1. Kecantikan itu relatif.
Orang Barat menilai kulit coklat itu eksotik, sehingga mereka rela berjemur di pantai berlama-lama. Orang Jepang menilai bahwa gigi gingsul itu indah, sehingga mereka tidak menggunakan perawatan untuk merapikan gigi. Orang Amerika Latin menilai bahwa gemuk itu indah sehingga mereka tidak melakukan diet. Bukankah kenyataan di atas bertentangan dengan pendapat umum saat ini bahwa kulit putih, gigi rapi dan tubuh langsing adalah cantik. Gadis Sulam sekalipun hitam kulitnya dipuja-puja Salomo dan dicintai melebihi yang lain.

2. Jangan minder dengan keadaan diri Anda.
Jangan minder hanya karena tidak cantik, kulit hitam, rambut keriting, tubuh gemuk, gigi gingsul atau juga profesi pekerjaan yang biasa bahkan keadaan yang miskin. Sebaliknya tampillah dengan percaya diri. Tampil dengan percaya diri akan memancarkan aura kecantikan yang bisa menjadi daya tarik positif dari diri Anda.

3. Miliki hikmat dan kebaikan hati.
Seringkali kecantikan fisik bukanlah segalanya, bahkan apakah artinya kecantikan fisik tetapi bodoh dan berhati jahat. Oleh sebab itu kembangkanlah hikmat dengan pengetahuan dan kerelaan untuk terus belajar. Di samping itu jagalah hati yang murni dan miliki keelokan sikap dengan roh yang lemah lembut. Tidak semua orang mencari kecantikan fisik, tetapi semua orang pasti mengingini hikmat dan kebaikan hati.


Kecantikan itu relatif, oleh sebab itu jangan minder dengan keadaan Anda. Sebaliknya tampillah dengan percaya diri dan kembangkanlah sikap yang unggul dalam kehidupan Anda.
Setiap orang pasti memiliki kekurangan fisik, tetapi semua akan tertutupi apabila memiliki hikmat dan kebaikan hati.
Selamat beraktifitas, Tuhan memberkati. (Ps.BW)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages