Kekayaan Orang Benar




Selasa, 30 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 31-33

Yesaya 33:6 (TB)  Masa keamanan akan tiba bagimu; kekayaan yang menyelamatkan ialah hikmat dan pengetahuan; takut akan TUHAN, itulah harta benda Sion.

Uang dicari semua orang, tanpa uang orang tidak bisa melakukan transaksi. Begitu pentingnya peranan uang dalam kehidupan manusia sehingga banyak orang hanya fokus mengejar uang dan mengabaikan yang lain.
1 Timotius 6:10 (TB)  Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Sebenarnya apakah harta kekayaan sejati bagi orang percaya? Yesaya 33:6 menyebutkan ada 2 yaitu:

1. Hikmat dan pengetahuan

Amsal 16:16 (TB)  Memperoleh hikmat sungguh jauh melebihi memperoleh emas, dan mendapat pengertian jauh lebih berharga dari pada mendapat perak.

Hikmat adalah kebijaksanaan dari Tuhan yang diberikan kepada orang-orang yang bersungguh hati kepada Tuhan. Sedangkan pengetahuan adalah akal budi yang berkenan kepada Tuhan. Banyak orang menyimpang dari pengetahuan yaitu karena ilmu pengetahuan mereka menjadi atheis atau tidak percaya kepada Tuhan. Mereka adalah kelompok manusia yang mengandalkan kekuatannya sendiri.
Yeremia 17:5 (TB)  Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Hikmat dapat diperoleh melalui pengajaran firman Tuhan serta hati yang mengandalkan Tuhan.

2. Takut akan Tuhan

Takut akan Tuhan adalah ketaatan kepada perintah Tuhan serta menghormati Tuhan sebagai penguasa tertinggi dalam kehidupan kita.
Amsal 8:13 (TB)  Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.
Manusia menjadi sulit memiliki takut akan Tuhan karena pikirnya Tuhan tidak terlihat. Manusia cenderung takut kepada orang atau keadaan yang terlihat. Tetapi yang sebenarnya Tuhan maha tahu dan mengerti jalan hidup manusia baik dari hati, pikiran, perkataan maupun perbuatan.


Harta di dunia hanya sementara dan bisa hilang dalam sekejab tetapi hikmat dan pengetahuan serta takut akan Tuhan adalah abadi. Harta benda bisa menolong dalam lingkup dan waktu yang terbatas, tetapi hikmat pengetahuan dan takut akan Tuhan dapat menolong dalam setiap keadaan. Jadi carilah Tuhan untuk mendapat hikmat dan pengetahuan serta hiduplah dalam takut akan Tuhan sehingga pertolongan dan perlindungan Tuhan senantiasa menyertai hidup kita. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages