Status Harta Setelah Pertobatan




Sabtu, 27 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 22-24

Yesaya 23:17-18 (TB)  Dan sesudah lewat tujuh puluh tahun, TUHAN akan memperhatikan Tirus, sehingga ia kembali mendapat upah sundalnya, dan ia akan bersundal dengan segala kerajaan yang ada di muka bumi.
Labanya dan upah sundalnya akan kudus bagi TUHAN, tidak akan ditahan atau disimpan, tetapi dengan labanya itu akan disediakan makanan yang cukup dan pakaian yang indah bagi orang-orang yang diam di hadapan TUHAN.

Keadaan Tirus Sebelum Menerima Hukuman.

Tirus adalah sebuah kota dengan peradaban yang sangat tinggi, mampu menciptakan kapal-kapal pesiar yang besar dan mengarungi dunia sehingga menguasai perdagangan. Karena aksesnya kepada bangsa-bangsa, Tirus mulai mengikuti penyembahan berhala dari bangsa-bangsa lain. Demikian pula akibat kekayaan dan kemajuan ilmu pengetahuan menjadi sombong di hadapan Tuhan.

Tirus Menerima Hukuman.

Tuhan menyerahkan kota Tirus ke dalam kekuasaan bangsa Kasdim selama tujuh puluh tahun. Bangsa Kasdim telah mendirikan menara-menara pengepungan, meratakan kota dan membuat kota Tirus menjadi reruntuhan.

Tirus Menerima Pemulihan.

Setelah tujuh puluh tahun Tirus mengalami pertobatan dan dipulihkan. Dalam Yesaya 23:17-18, harta dan kekayaan kotanya di masa lalu dikuduskan, tersedia makanan dan pakaian yang cukup bagi orang-orang yang diam di hadapan Tuhan.

Menarik untuk dibahas adalah kalimat yang menyebut :
- Labanya dan upah sundalnya akan kudus bagi Tuhan.
Sebuah pertanyaan apabila seseorang pada waktu hidup dalam dosa memperoleh harta dengan cara yang berdosa, setelah ia bertobat bagaimana status hartanya?

A. Hartanya akan dikuduskan oleh Tuhan seiring dengan sikap pertobatannya yang sungguh-sungguh.

Lukas 7:37-38 (TB)  Di kota itu ada seorang perempuan yang terkenal sebagai seorang berdosa. Ketika perempuan itu mendengar, bahwa Yesus sedang makan di rumah orang Farisi itu, datanglah ia membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi. 
Sambil menangis ia pergi berdiri di belakang Yesus dekat kaki-Nya, lalu membasahi kaki-Nya itu dengan air matanya dan menyekanya dengan rambutnya, kemudian ia mencium kaki-Nya dan meminyakinya dengan minyak wangi itu.

Jika Alkitab menyebut perempuan yang meminyaki kaki Yesus dengan minyak wangi adalah perempuan yang terkenal berdosa, tentulah ada hartanya juga hasil dari perbuatan dosanya. Tuhan tidak jijik dengan minyaknya, tetapi Tuhan menaruh belas kasihan dan menerima perempuan itu karena Tuhan melihat bahwa hati perempuan itu telah sungguh-sungguh bertobat dan mengasihi-Nya.

B. Hartanya akan dibagikan dengan orang yang membutuhkan, apabila Tuhan menggerakkan kemurahan hatinya. Dalam kasus ini kita mengenal Zakheus yang membagikan setengah hartanya untuk orang-orang miskin.

C. Hartanya akan dihabiskan supaya setelah bertobat ia memulai kehidupan yang baru. Dalam kisah ini kita menemukan Paulus. Sebelum bertobat, ia adalah seorang yang terpadang dalam hal status asal-usulnya maupun jabatannya di antaranya orang Yahudi. Tetapi setelah diselamatkan, ia menganggap semua yang telah diperolehnya sebagai sampah bila dibandingkan dengan kemuliaan Kristus. Paulus rela bekerja keras, membuat tenda untuk dijual dan hasilnya digunakan untuk membiayai pelayanannya.

Jika Anda sudah bertobat sungguh-sungguh, jangan ada yang merasa bersalah bahwa ada harta yang diperoleh dengan tidak benar. Berdoalah, mintalah Tuhan menguduskan semua harta masa lalu Anda. Tuhan hanya peduli dengan Anda, bukan harta Anda. Bila Tuhan mengijinkan agar harta Anda menjadi berkat atau menghabiskan harta Anda untuk memulai masa yang baru, biarlah terjadi sesuai dengan kehendak-Nya. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages