Masa Depan Gereja Cerah



Sabtu, 20 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 1-3

Yesaya 2:2 (TB)  Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana.

Ada dua pendapat tentang posisi gereja di akhir zaman. Pendapat pertama mengatakan bahwa gereja akan mengalami aniaya dan penderitaan yang besar. Pendapat kedua mengatakan bahwa masa depan gereja akan cerah karena gereja menjadi standar atau rujukan para pemimpin bangsa di dunia. Mana yang kita pilih, tergantung iman kita.

Yesaya 2:1-3 mengungkapkan nubuatan mengenai gereja sebagai pusat kerajaan damai. Kata "akan terjadi pada hari-hari terakhir" menunjukkan waktu akhir zaman yaitu sebelum kedatangan Tuhan Yesus. Gereja akan mengalami kemuliaan Tuhan, terangnya akan bersinar dan menerangi bangsa-bangsa.

1. Gereja akan memiliki pengaruh yang kuat.
Kata "berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit" menunjukkan bahwa gereja memiliki pengaruh yang kuat atas dunia. Gereja menjadi standar dan rujukan bagi dunia akan kebenaran iman,  pengharapan dan kasih. (1 Kor 13:13)

2. Bangsa-bangsa akan berduyun-duyun datang ke gereja.
Akan tiba waktunya "segala bahwa akan berduyun-duyun datang kepada gereja" bukan atas undangan atau ajakan gereja melainkan mereka melihat bahwa gereja menjadi jawaban atas segala kebutuhan mereka.

3. Gereja menjadi pusat pengajaran.
Yesaya 2:3 (TB)  dan banyak suku bangsa akan pergi serta berkata: "Mari, kita naik ke gunung TUHAN, ke rumah Allah Yakub, supaya Ia mengajar kita tentang jalan-jalan-Nya, dan supaya kita berjalan menempuhnya; sebab dari Sion akan keluar pengajaran dan firman TUHAN dari Yerusalem."
Bangsa-bangsa akan bisa membedakan manakah pengajaran agama yang palsu dengan kebenaran firman TUHAN yang sejati. Mereka akan dipenuhi dengan kehausan dan kelaparan akan firman Tuhan.

4. Gereja menjadi hakim di antara bangsa-bangsa.
Yesaya 2:4 (TB)  Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.


Keyakinan akan masa depan gereja yang cerah di akhir zaman membuat kita semangat dan optimis untuk mengikut dan melayani Tuhan. Demikian pula akan bangkit semangat misi untuk mengabarkan berita Injil dan menjadikan orang-orang sebagai murid Yesus yang hidup dalam kebenaran. Selamat berakhir pekan. Mari kita persiapkan setiap pelayanan dan ibadah kita esok hari. Tuhan memberkati. (Ps.BW)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages