Jantung Hatiku




Kamis, 18 Juli 2019

Bacaan Alkitab Setahun: Kidung Agung 1-4

Kidung Agung 3:4 (TB)  Baru saja aku meninggalkan mereka, kutemui jantung hatiku; kupegang dan tak kulepaskan dia, sampai kubawa dia ke rumah ibuku, ke kamar orang yang melahirkan aku.

Kitab Kidung Agung berisikan puji-pujian mempelai pria dan mempelai wanita. Mempelai wanita menyebut mempelai pria dengan kata "jantung hatiku ". Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, jantung hati memiliki arti
1. pusat perasaan
2. kekasih; yang tercinta; yang sangat disayangi (anak dan sebagainya); 

Mempelai pria adalah gambaran dari Kristus dan mempelai wanita adalah gambaran dari gereja-Nya. Layaknya kedua mempelai yang saling mencintai demikianlah hubungan Kristus dan gereja-Nya. Ada hubungan yang kasih dalam, mesra dan saling memuji.
Bagaimana kita bisa menjadikan Kristus sebagai jantung hati kita?

1. Jadikan Kristus sebagai pusat perasaan.
Filipi 2:5 (TB)  Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus.
Sebagai pribadi Kristus memiliki perasaan, demikian pula dengan kita. Selaraskan perasaan kita sesuai dengan perasaan Kristus.
Filipi 2:1 (TB)  Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan.
Jangan meletakkan perasaan kita kepada materi, keadaan atau manusia yang bisa membuat kita kecewa. Sebaliknya letakkanlah perasaan kita kepada Kristus yang setia, kekal dan sumber kasih yang sejati.

2. Jadikan Kristus sebagai kekasih.
Kepada kekasih atau orang yang kita sayangi tentulah kita akan memberikan yang terbaik sebagai tanda kasih. Demikian pula jika kita menjadikan Kristus sebagai kekasih jiwa kita atau pribadi yang sangat kita sayangi, maka kita akan memberikan seluruh kehidupan kita kepada-Nya.
1 Yohanes 5:1-2 (TB)  Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

Tanda setiap orang yang menjadi kekasih Kristus adalah sangat mengasihi Allah, sangat mengasihi gereja-Nya serta melakukan perintah-perintah-Nya.

Hai gereja yang menjadi mempelai wanita Kristus .... jadikan Kristus sebagai pusat perasaanmu dan kekasih jiwamu. Tuhan memberkati. (Ps.BW)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages